Breaking News:

Berita Nasional

ICW Temukan Lima Dugaan Pelanggaran oleh Firli Bahuri, Desak Pimpinan KPK Itu Diminta Mundur

Kurnia Ramadhana peneliti dari ICW mengatakan, Firli telah sukses mengobrak-abrik KPK dengan serangkaian kebijakan kontroversi

Penulis: | Editor: Feryanto Hadi
Istimewa
Ketua KPK Komjen (Pol) Firli Bahuri 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -Indonesia Corruption Watch (ICW) kembali memberikan sorotan terhadap kepemimpinan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.

Setelah sebelumnya sempat melaporkan Firli ke Bareskrim Mabes Polri, ICW kini mendesak agar Firli mundur dari jabatannya.

Seperti diketahui, gonjang-gonjang terus berlangsung di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pasca- tes wawasan kebangsaan (TWK).

Tes ini disebut banyak kalangan sebagai upaya penyingkiran terhadap para pegawai berintegritas tinggi pada pemberantasan korupsi.

Baca juga: Kronologi Gadis 15 Tahun Diperkosa Sopir Taksi Online, Sambil Diancam Korban Digiring ke Kamar Hotel

Baca juga: Ketika Ketua KPK Firli Bahuri Ditanya Pilih Mana, Pancasila atau Agama? Ini Jawabannya

Hasil TWK itu berujung pada pemberhentian 51 pegawai KPK, yang selama ini dikenal sangat getol menangkap para koruptor. Utamanya deretan koruptor kelas kakap.

Kurnia Ramadhana peneliti dari ICW mengatakan, Firli telah sukses mengobrak-abrik KPK dengan serangkaian kebijakan kontroversi hingga menyingkirkan puluhan pegawai berintegritas.

Upaya penyingkiran itu diduga melalui asesmen Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang merupakan syarat alih status pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Terdapat 51 orang dari 75 pegawai akan diberhentikan sedangkan 24 pegawai KPK lainnya akan mengikuti tes ulang.

"Firli kembali berhasil menurunkan tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga antirasuah itu," ujar Kurnia dalam keterangannya, Selasa (22/6/2021).

Baca juga: Annisa Pohan Singgung Kelompok Buzzer Islamphobia, Denny Siregar: Entar Gua Sentil, Baper Lagi

Dalam rangka menyelematkan agenda pemberantasan korupsi, Firli disarankan untuk segera mengundurkan diri sebagai pimpinan KPK.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved