Breaking News:

Gempa Bumi

Gempa Magnitudo 4,3 Berkedalaman 2 Km Guncang Merangin Jambi

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,3 berkedalaman  dua kilometer mengguncang Kabupaten Merangin, Jambi  pada Senin (14/6/2021) pukul 18:46 WIB.

Editor: Hertanto Soebijoto
Istimewa
Senin (14/6/2021) pukul 18:46 WIB terjadi gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,3 berkedalaman  dua kilometer mengguncang Kabupaten Merangin, Jambi. Foto ilustrasi: Gempa bumi. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAMBI -- Masyarakat Kabupaten Merangin, Jambi pada Senin (14/6/2021) petang dikejutkan dengan peristiwa gempa bumi yang melanda daerah mereka.

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,3 berkedalaman  dua kilometer mengguncang Kabupaten Merangin, Jambi  pada Senin (14/6/2021) pukul 18:46 WIB.

Berdasarkan info dari BMKG Jambi, epicentrum gempa berlokasi di 2,26 Lintang Selatan dan 102,30 Bujur Timur tepatnya 36 kilometer sebelah tenggara Merangin Jambi dengan kedalaman 2 kilometer.

Kepala BMKG Kelas I Sulthan Thaha Kelas I Jambi Ibnu Sulistiyono membenarkan peristiwa gempa bumi yang terjadi di Merangin tersebut.

"Benar, ada gempa di Merangin. Infonya rumah seperti digoyang. Tidak lama namun getarannya sangat terasa," kata Ibnu.

Baca juga: Lagi, Sukabumi Diguncang Gempa pada Minggu Dini Hari, Dirasakan di Delapan Wilayah

Baca juga: Gempa Guncang Dua Daerah di Jawa Barat Bersumber dari Sesar Cimandiri, Ini Penjelasan BMKG

Ia menyebutkan gempa itu termasuk gempa tektonik.

Pihaknya berkoordinasi dengan institusi terkait mengenai gempa tersebut, termasuk dengan Stasiun BMKG Kapahiang Kerinci.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa umi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal di wilayah setempat.

"Guncangan yang dirasakan di Merangin III MMI. Geraran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," kata Ibnu.

Baca juga: BREAKING NEWS: Gempa Bumi Guncang Cianjur Jawa Barat, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Ia mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved