Breaking News:

Breaking News

BREAKING NEWS: Gempa Bumi Guncang Cianjur Jawa Barat, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Keterangan resmi BMKG menyebutkan gempa berkekuatan 3.0 magnitudo itu terjadi pada tiga kilometer tengara Cianjur dalam kedalaman 15 kilometer.

Editor: Hertanto Soebijoto
Istimewa
Kota Cianjur, Jawa Barat pada Sabtu (5/6/2021) malam diguncang gempa bumi berkekuatan cukup keras selama beberapa detik. Foto ilustrasi: Seismograph, alat pencatat gempa bumi. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIANJUR -- Gempa bumi berkekuatan cukup keras selama beberapa detik mengguncang kota Cianjur, Jawa Barat pada Sabtu (5/6/2021) malam.

Akibat guncangan gempa tersebut, warga kota Cianjur berhamburan keluar rumah.

Gempa juga membuat panik penduduk Cianjur, termasuk mereka yang berada di RSUD Cianjur.

Video: Anak Usia 2 Tahun Main Hujan, Hanyut Terseret Arus Selokan di Ciledug

Sementara itu warga di perumahan Pesona Cianjur Indah, Desa Nagrak, Cianjur, Jawa Barat, bertahan di luar rumah usai merasakan gempa pada Sabtu (5/6) menjelang tengah malam.  

Keterangan resmi BMKG menyebutkan gempa berkekuatan 3.0 magnitudo itu terjadi pada tiga kilometer tengara Cianjur dalam kedalaman 15 kilometer.

Gempa yang berpusat di darat ini membuat panik warga wilayah kota, utara dan timur Cianjur.

"Cukup keras, sehingga kami sekeluarga langsung lari keluar rumah karena takut gempa berlangsung lama. Semua barang di dalam rumah bergoyang seperti mau jatuh," kata Chaykha (18) warga perumahan Pesona Cianjur Indah, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, Sabtu (5/6/2021).

Baca juga: BREAKING NEWS: Gempa Guncang Subulussalam Aceh Selatan, BMKG: 4,9 Magnitudo

Baca juga: SMS Peringatan Dini Gempa 8,5 SR dan Tsunami Bikin Panik, BMKG Telusuri Sumber Eror

Dia menjelaskan, sebelumnya dia dan keluarga sudah masuk kamar untuk beristirahat, namun tiba-tiba tempat tidur bergoyang dan lemari baju yang berhadapan dengan tempat tidur, ikut bergoyang, sehingga seisi rumah berhamburan keluar.

"Lumayan 3 sampai 5 detik, meski di luar rumah getaranya masih kencang, sampai kabel listrik ikut bergoyang. Semua warga melakukan hal yang sama dan berkumpul di tengah jalan," kata dia.

Aktivitas di RSUD Cianjur sempat terganggu, bahkan beberapa pasien rawat inap ikut keluar sambil membawa tiang infusan karena khawatir gempa berlangsung lama.

Beberapa orang perawat sempat mengeluarkan pasien dari dalam ruang rawat inap.

Baca juga: Momen Ketika Sandiaga Uno Rasakan Gempa Blitar: Parekraf Harus Miliki Prosedur Baku Hadapi Bencana

"Untung tidak berlangsung lama, namun cukup membuat panik perawat dan pasien di ruang rawat inap. Getaran gempa cukup keras terasa, terutama di lantai dua. Pasien yang sempat keluar langsung masuk kembali setelah sepuluh menit," kata Fauzi (24), perawat RSUD Cianjur.

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur mengenai kerusakan akibat gempa berkekuatan 3.0 magnitudo ini. (Antaranews)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved