Breaking News:

Cegah Adanya Praktik Pungutan Liar Dilakukan ASN, Pemprov DKI Bentuk Tim Bebas Pungli

"Insyaallah mudah-mudahan di awal Juli 2021, kita akan melakukan pencanangan Jakarta bebas pungli. Sekarang kami sedang sosialisasi dulu di wilayah

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Dedy
Warta Kota/Joko Suprianto
Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma mengatakan pihaknya akan berkomitmen mendukung terwujudnya Jakarta sebagai kota bebas pungli.  

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR --- Sebagai upaya mencegahan praktik  pungutan liar (pungli) di lingkungan Pemerintah DKI Jakarta Pusat, Pemprov DKI Jakarta membentuk tim bebas pungli sebagai bentuk mewujudkan Jakarta bebas pungli.

Inspektur Provinsi DKI Jakarta, Syaepuloh, mengatakan, dengan dibentuknya tim ini setidaknya dapat memastikan atau mencegah adanya praktik pungli yang dilakukan oleh aparatur sipil negara (ASN) di pemerintahan.

"Tentu pesan kami, kepada para perangkat daerah untuk memastikan tidak ada anggotanya melakukan pungli. Untuk itu kita bentuk tim," kata Syaepuloh usai menggelar kegiatan sosial bebas pungli di Wali Kota Jakarta Pusat, Selasa (8/6/2021).

Dikatakan Syaepuloh, tim yang dibentuk ini terdiri dari beberapa jajaran perangkat daerah baik itu dari Kecamatan, Kelurahan bahkan tingkat sudin.

Tugasnya yaitu meyakinkan anggotanya untuk tidak melakukan pungutan liar.

Mereka juga akan diminta untuk membuat rencana aksi, mulai dari sosialisasi internal kemudian pemasangan brosur agar masyarakat tahu tidak boleh ada pungli.

Termasuk nanti melaporkan jika salah satu anggota melakukan pungli.

"Insyaallah mudah-mudahan di awal Juli 2021, kita akan melakukan pencanangan Jakarta bebas pungli. Sekarang kami sedang sosialisasi dulu di wilayah di Jakarta," ujarnya.

Terkait sanksi yang diberikan khususnya di Inspektorat Pemprov DKI, dikatakan Syaepuloh jika Pemprov memiliki PP Nomor 53 mengatur tentang disiplin pegawai.

Tentunya saat nanti ada aparatur terindikasi melanggar akan dilakukan penindakan sesuai prosedur.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved