Breaking News:

Berita Jakarta

Picu Polemik, Berikut Hasil Evaluasi Sementara Uji Coba Lintasan Road Bike di Sudirman-Thamrin

Picu Polemik, Berikut Hasil Evaluasi Sementara Uji Coba Lintasan Road Bike di Sudirman-Thamrin. Berikut Selengkapnya

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Dwi Rizki
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah mengizinkan sepeda road bike melintasi jalan layang non tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang pada hari Sabtu dan Minggu pukul 05.00-08.00 WIB. 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta mulai melakukan uji coba lintasan sepeda road bike di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat pada Senin (7/6/2021) pagi.

Dalam uji coba di hari pertama, pesepeda jenis balap ini sekarang patuh terhadap aturan.

"Secara umum tadi bahwa para pegiat road bike yang biasanya mereka menggunakan lajur paling kanan, mereka saat ini sudah melintas di lajur paling kiri (dari jalur kendaraan bermotor)," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo pada Senin (7/6/2021).

Syafrin berharap, para pesepeda road bike nanti nantinya tetap konsisten melintas di ruang sepeda yang disediakan.

Di luar jam 06.30, mereka akan diarahkan ke jalur sepeda permanen yang ada di bahu jalan bersamaan dengan sepeda non road bike.

"Dengan sosialisasi dan edukasi ini pengguna jalan memahami bahwa ini jalan bersama. Bukan jalan sepeda motor atau mobil, karena ini untuk digunakan supaya agar ada pengaturan yang komprehensif," ujarnya .

Syafrin menjelaskan, uji coba ini dilakukan selama lima hari dari Senin (7/6/2021) sampai Jumat (11/6/2021) pukul 05.00 WIB - 06.30 WIB.

Guna menghindari insiden kecelakaan, Dishub DKI lalu melakukan pengaturan lalu lintas di lokasi.

Baca juga: Viral Perpres Alpalhankam 2020-2024, Fadli Zon Bela Pemerintahan Jokowi Soal Belanja Alat Pertahanan

Selama uji coba berlangsung, sepeda road bike berada di ruang jalan bersama dengan kendaraan bermotor, namun berada di lajur paling kiri.

"Warga Jakarta beraktivitas dengan kendaraan bermotor di kawasan ini, sehingga jika tidak dilakukan pengaturan maka yang terjadi aspek, keselamatan, kenyamanan pengguna jalan di area ini bisa terabaikan," jelasnya.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved