Tempat Wisata

Wahidin Halim Menutup Sementara Tempat Wisata di Banten untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona

Gubernur Banten, Wahidin Halim menutup sementara destinasi wisata di Provinsi Banten hingga 30 Mei 2021 mendatang.

Penulis: Andika Panduwinata | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Andika Panduwinata
Gubernur Banten Wahidin Halim menutup sementara tempat wisata selama libur Lebaran ini terkait larangan kerumunan yang bisa memicu kenaikan kasus virus corona. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Gubernur Banten, Wahidin Halim menutup sementara tempat wisata di Provinsi Banten hingga 30 Mei 2021 mendatang.

Hal itu tertuang dalam Instruksi Gubernur Banten Nomor 556/901-DISPAR/2021 tentang Penutupan Sementara Destinasi Wisata Dampak Libur Hari Raya Idulfitri Tahun 2021 di Provinsi Banten.

Dalam Instruksi Gubernur Banten yang ditandatangani pada tanggal 15 Mei 2021 itu disebutkan, berdasarkan hasil monitoring terhadap kunjungan wisatawan di sejumlah destinasi wisata di Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten pada hari Jum'at dan Sabtu (14 -15 /5/2021).

Baca juga: NASIB, Pemerintah Pusat Bolehkan Tempat Wisata Buka, Giliran Ancol Buka, Anies yang Kena Bully

Baca juga: Irjen Fadil Imran Antisipasi Kerumunan di Mal dan Tempat Wisata pada Libur Lebaran

Mengindikasikan kunjungan wisatawan telah menimbulkan kerawanan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan di sejumlah destinasi wisata.

"Pelanggaran protokol kesehatan tersebut dapat menimbulkan risiko meningkatnya penyebaran Covid-19 di Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten," ujar pria yang akrab disapa WH ini, Minggu (16/5/2021).

Wahidin pun instruksikan Bupati/Wali Kota se-Provinsi Banten untuk menutup sementara destinasi wisata di wilayahnya, mulai 15 Mei pukul 21.00 WIB hingga t30 Mei 2021.

Dalam beberapa kali Rapat Koordinasi Peniadaan Mudik Lebaran Idulfitri 1442 H, Gubernur Banten mengusulkan agar dilakukan penutupan destinasi wisata.

Dengan pertimbangan masalah penerapan disiplin protokol kesehatan serta tidak menimbulkan kebingungan di masyarakat antara pelarangan mudik dan dibukanya destinasi wisata.

Memasuki hari liburan perayaan hari raya Idulfitri, tempat wisata di Kabupaten Tangerang mulai diperketat, termasuk Pulau Cangkir yang berada di wilayah Kronjo, Kabupaten Tangerang.

Camat Kronjo Tibi perketat pengunjung yang hendak jiarah ke Pantai Pulau Cangkir. Hal tersebut dikatakan Tibi, Minggu (16/5/2021).

Menurutnya, dirinya bersama tim monitoring Kecamatan bersama unsur Muspika dan tim dari Dinas Perikanan melakukan penyekatan untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung ke Pulau Cangkir.

Baca juga: Hari Pertama Idul Fitri Sekda Tangerang Monitor Mal dan Tempat Wisata

Baca juga: Anggota DPR Bingung Tempat Wisata Dibuka, Ziarah Kubur Dilarang

"Kami batasi pengunjung ketika kelihatan membludak, maka kami tutup sementara," ucapnya.

Tibi berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan dengan menyiapkan cuci tangan dan mewajibkan memakai masker bagi pengunjung.

Bahkan dirinya tidak bosan-bosan mengingatkan kepada warga untuk memakai masker, menjaga jarak serta menghindari kerumunan.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved