Breaking News:

Hari Raya Idul Fitri

Soal Salat Id di DKI, Anies Koordinasi dengan Kapolda Fadil Imran dan Pangdam Jaya Dudung, Hasilnya?

Anies Baswedan mengajak masyarakat untuk melaksanakan salat Idul Fitri atau salat Id di rumah masing-masing.

Editor: Hertanto Soebijoto
WARTA KOTA/DESY SELVIANY
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak masyarakat untuk melaksanakan salat Idul Fitri atau salat Id di rumah masing-masing. Foto dok: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Tanjung Duren, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Sabtu (8/5/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Umat Islam tinggal menunaikan salat sunnah tarawih sekali lagi jika hasil sidang Isbat yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada hari Kamis, 13 Mei 2021.

Artinya, hari raya Idul Fitri 2021 tinggal sehari lagi.

Untuk itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak masyarakat untuk melaksanakan salat Idul Fitri atau salat Id di rumah masing-masing.

Pernyataan itu disampaikan usai berkoordinasi dengan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran dan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman.

"Terkait dengan kegiatan Idul Fitri, shalat Idul Fitri dianjurkan di rumah masing-masing," ujar Anies di Gedung Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (10/5/2021).

Baca juga: Kurangi Jumlah Jamaah Dalam Satu Lokasi Salat Id Bisa Digelar di GOR Atau Gedung Sekolah

Apabila melaksanakan Salat Id di luar rumah, Anies  mengimbau agar salat dilakukan di tempat ibadah terdekat sesuai tempat tinggal.

"Bagi warga yang melaksanakan shalat di luar rumah, maka dianjurkan untuk melaksanakannya di tempat shalat Id setempat," kata Anies.

"Jangan pergi jauh, sekadar untuk melaksanakan shalat Id supaya lokasi-lokasi kegiatan shalat adalah lokasi yang dikunjungi orang setempat," ujar Anies pula.

Lebih lanjut, untuk menghindari adanya penularan virus corona saat melangsungkan ibadah, Anies menyebutkan kapasitas masjid, lapangan, maupun mushala dibatasi hingga maksimal 50 persen.

Baca juga: Salat Id Terakhir Airin Sebagai Wali Kota Tangsel, Kenapa Ratu Ghefira Tak Mau Ikuti Jejak Airin?

"Bila dilakukan di masjid setempat, maka kapasitasnya 50 persen," ujar Anies.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved