Larangan Mudik

Hari Pertama Larangan Mudik Lebaran 2021, PT KAI Berangkatkan 2.582 Penumpang Nonmudik

PT Kereta Api Indonesia mencatat melayani 2.582 penumpang KA jarak jauh dengan keperluan nonmudik di hari pertama larangan mudik.

Daop I KAI
Hari pertama aturan larangan mudik Kamis (6/5/2021) PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat melayani 2.582 penumpang Kereta Api jarak jauh dengan keperluan nonmudik. Foto ilustrasi: PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta resmi mengoperasikan Kereta Api (KA) Brawijaya relasi Gambir-Malang pada Rabu (10/3/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pada hari pertama aturan larangan mudik Kamis (6/5/2021) PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat melayani 2.582 penumpang Kereta Api (KA) jarak jauh dengan keperluan nonmudik.

VP Public Relations PT KAI Jonny Martinus menyebutkan, jika dibandingkan dengan penumpang pada April 2021 maka jumlah ini turun 91.6 persen.

"Pada April 2021, jumlah penumpang per hari mencapai 33.882 orang dan hari pertama pelarangan mudik turun 91,6 persen dari rata-rata volume KA jarak jauh di bulan April," ucap Joni dalam keterangannya, Jumat (7/5/2021).

Video: Larangan Mudik 2021: Suka Duka Kepala Terminal Kalideres

Joni menyebutkan, rute yang paling banyak dituju oleh para penumpang yang dikecualikan di hari pertama larangan mudik adalah Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Semarang dan Jakarta-Surabaya.

"Secara umum pelayanan KA jarak jauh di setiap stasiun keberangkatan di Jakarta pada hari pertama larangan mudik berjalan lancar dan juga tertib," ucap Joni.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat, apabila memang memiliki keperluan mendesak untuk melakukan perjalanan untuk melengkapi berkas yang ditetapkan oleh pemerintah.

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran, Peneliti LIPI: Waspadai Kerumunan Warga Tidak Mudik di Jabodetabek

Baca juga: Larangan Mudik Idul Fitri 2021, Pengamat: Pemerintah Harus Jamin Kebutuhan Pokok Warga Tak Mudik

Sementara itu, PT KAI Selama periode larangan mudik lebaran pada 6-17 Mei 2021, hanya akan mengoperasikan 7 KA jarak jauh.

Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional 1 (Jakarta) Eva Chairunisa menyebutkan, pada periode larangan mudik hanya 7 kereta yang dioperasikan dari Daop 1 Jakarta.

Eva menjelaskan, 7 KA jarak jauh ini juga beroperasi untuk melayani masyarakat yang non-mudik atau dikecualikan dalam larangan mudik lebaran sesuai dengan ketetapan pemerintah.

"Kami membatasi jumlah operasional KA jarak jauh pada periode larangan mudik lebaran. Tapi ada beberapa KA yang dioperasikan untuk penumpang yang dikecualikan," ucap Eva saat dikonfirmasi, Kamis (6/5/2021).

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran, PT Angkasa Pura II Buka Posko Pengendalian Transportasi Udara di 19 Bandara

Menurut Eva, perjalanan KA jarak jauh pada 6-17 Mei 2021 hanya diperuntukan untuk keadaan mendesak saja dan harus melengkapi syarat yang ditentukan untuk melakukan perjalanan pada larangan mudik ini.

Selanjutnya Eva juga merinci 7 KA yang akan dioperasikan selama larangan mudik lebaran, diantaranya 4 KA jarak jauh dari Stasiun Gambir dan 3 KA jarak jauh dari Stasiun Pasar Senen.

"7 KA jarak jauh ini dengan tujuan Tegal, Purwokerto, Purwosari, Solo, Surabaya dan Malang yang berangkat setiap hari," ujar Eva.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved