Breaking News:

Berita Jakarta

DPRD DKI Jakarta Minta Pemprov DKI Evaluasi Pengawasan di Pasar Tanah Abang

DPRD DKI Jakarta minta Pemprov DKI Jakarta untuk mengevaluasi pengawasan di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Warta Kota/Desy Selviany
Pengunjung Pasar Tanah Abang antre saat hendak masuk ke Blok A, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5/2021). DPRD DKI Jakarta minta Pemprov DKI Jakarta mengawasi Pasar Tanah Abang agar tidak terjadi kerumunan yang bisa berpotensi menyebarkan virus corona. 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - DPRD DKI Jakarta minta Pemprov DKI Jakarta untuk mengevaluasi pengawasan di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Permintaan legislator DKI Jakarta terkait membludaknya pengunjung di Pasar Pasar Tanah Abang yang diperkirakan mencapai 100.000 pengunjung, Sabtu (1/5/2021) dan Minggu (2/5/2021).

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan, evaluasi tersebut dilakukan untuk mengindari lonjakan pengunjung menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H pada pertengahan Mei 2021 mendatang.

"Seharusnya ini bisa dicegah. Kerja-kerja Satgas Covid-19 di DKI Jakarta ke mana kalau bisa sampai terjadi kerumunan seperti itu?" kata Prasetyo Edi Marsudi seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Cegah Kerumunan Seperti di Pasar Tanah Abang Polsek Tanjung Duren Awasi Mal-mal Hingga Akhir Ramadan

Baca juga: Jakarta Barat Siagakan 350 Personel Agar Tak Terjadi Berkerumun seperti di Pasar Tanah Abang

Dia mengatakan, Perda No 2 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Covid-19 Pemprov DKI Jakarta, menyebutkan bahwa pemerintah daerah memiliki kewenangan melakukan pengawasan terhadap kegiatan masyarakat.

Kegiatan masyarakat di Pasar Tanah Abang, kata Prasetyo,  sangat wajar mengingat sudah menjadi bagian dari tradisi masyarkat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Meskipun begitu, menurut Prasetyo, sangat baik untuk pemulihan perekonomian pada masa pandemi virus corona atau Covid-19.

Tetapi pengawasan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan pembatasan tehadap pengunjung ini seharusnya ditegakkan Satgas Covid-19 di lapangan.

"Nah kalau sudah terjadi kerumunan seperti ini, lalu tiba-tiba jumlah kasus penularan meningkat bagaimana?" katanya.

Baca juga: Disidak Mayjen Dudung, Anies Baswedan dan Irjen Fadil Imran, Pasar Tanah Abang kini Mulai Kondusif

Baca juga: Kerumunan di Pasar Tanah Abang, Satgas Covid-19 Bilang Sebelumnya Sudah Ingatkan Pemprov DKI

Selain Pasar Tanah Abang, politikus PDI Perjuangan itu mengimbau agar Satgas Covid-19 DKI Jakarta meningkatkan pengawasan di setiap lokasi perbelanjaan jelang Hari Raya Idul Fitri.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved