Breaking News:

Berita Jakarta

4.692 Lokasi di Jakarta Timur Sudah Mendapat Sosialisasi Pencegahan Kebakaran

Sosialisasi pencegahan kebakaran di Jakarta Timur sepanjang tahun 2021 pada bulan Januari hingga April telah menyasar sebanyak 4.692 lokasi.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Kebakaran di Jalan Penegak I, RT 05/RW 01, Palmeriam, Matraman, Jakarta Timur, Jumat (26/3/2021) dan menghanguskan 11 tempat tinggal. 

WARTAKOTALIVE.COM, JATINEGARA - Sosialisasi pencegahan maupun penanggulangan kebakaran di Jakarta Timur sepanjang tahun 2021 pada bulan Januari hingga April telah menyasar sebanyak 4.692 lokasi. 

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Muchtar Zakaria mengatakan pihaknya terus mensosialisasikan pencegahan dan penanggulangan kebakaran. 

"Setiap hari kami berkeliling untuk mengedukasi masyarakat, menggunakan alat pengeras suara di motor maupun mobil untuk menyampaikan materi sosialisasi," katanya, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Tawuran Pemuda Kota Bambu VS Pemuda Jatipulo Berujung Bencana, Toko Perlengkapan Bayi Kebakaran

Muchtar menambahkan pihaknya juga berkerja sama dengan pengurus rumah ibadah maupun pengelola sarana pendidikan di sejumlah wilayah di Jakarta Timur untuk melakukan sosialisasi. 

"Sosialisasi dilakukan dengan sistem jemput bola agar tidak memicu kerumunan di masyarakat," ujar Muchtar. 

Selain menggelar sosialisasi yang disertai edukasi protokol kesehatan demi pencegahan penyebaran Covid-19, penempelan stiker imbauan waspada bahaya kebakaran juga dilakukan. 

Baca juga: Polri Kejar Tersangka Kebakaran Kilang Minyak Balongan Milik Pertamina karena Ada Unsur Pidana

“Sosialisasi dilakukan dengan sistem jemput bola supaya tidak memicu timbulnya kerumunan di masyarakat,” sambungnya. 

Kepala Seksi Pencegahan Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Timur Edi Parwoko mengatakan dalam kurun waktu empat bulan ini, sosialisasi sudah dilakukan di 4.692 lokasi. 

“Rincian lokasinya adalah di 1.135 rumah ibadah, 3.468 titik jalan lingkungan serta di 89 tempat pendidikan,” ungkapnya.

Baca juga: Korban Kebakaran Mengais Seng, Besi, dan Sendok untuk Dijual Demi Bertahan Hidup Selama Mengungsi

Dalam kegiatan sosialisasi pencegahan maupun penanggulangan itu, pihaknya mengerahkan 500 unit mobil, 1.656 unit motor dengan kekuatan personel sebanyak 3.838 orang.

"Mudah-mudahan dengan terus digencarkan sosialisasi ini masyarakat semakin paham dan bencana kebakaran bisa terus ditekan," ujarnya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved