Breaking News:

PPKM Mikro

Andika Hazrumy Sebut PPKM Mikro Turunkan Kasus Covid-19 di Banten

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, menyatakan penerapan PPKM mikro cukup efektif menekan kasus Covid-19.

Warta Kota/Andika Panduwinata
Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, menyatakan penerapan PPKM mikro cukup efektif menekan kasus Covid-19. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, menyatakan penerapan PPKM mikro cukup efektif menekan kasus Covid-19.

Data Dinas Kesehatan Provinsi Banten menunjukkan perkembangan kasus Covid-19 di Provinsi Banten terjadi pada bulan Oktober sampai Desember 2020, dengan rata-rata kasus 4.495 kasus per bulan.

Puncak kasusnya sendiri terjadi pada Januari dan Februari 2021 dengan angka kasus mencapai 8.588 kasus per bulan. Meski begitu, dengan penerapan PPKM Mikro terjadi penurunan kasus di bulan Maret-April 2021. 

"Dengan PPKM Mikro, seluruh wilayah Kabupaten/ Kota di Provinsi Banten keluar dari zona risiko tinggi penyebaran Covid-19. Kabupaten Lebak telah masuk zona kuning," ujarnya, Senin (3/5/2021).

Baca juga: Kasus Covid-19 Mulai Naik karena Pemudik Nekat, Doni Monardo Minta Kepala Daerah Ikuti Arahan Jokowi

Baca juga: 10 Daerah Ini Mulai Terjadi Kenaikan Jumlah Kasus Covid-19 Lagi, Jokowi Minta Kepala Daerah Waspada

"Sedangan tujuh Kabupaten/Kota lainnya masih masuk zona oranye," imbuh Andika usai memimpin Forkominda Banten menghadiri rapat virtual koordinasi Penerapan Prokes dan Penanganan Covid 19 menjelang Idul Fitri 2021 bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Gedung Negara Banten.

Menurut Andika, penurunan kasus Covid 19 di Banten pasca penerapan PPKM Mikro selaras dengan kebijakan daerah.

Provinsi Banten yang telah memiliki Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penanggulangan Covid-19. 

Berikutnya, lanjut Andika, juga dengan diterbitkannya Instruksi Gubernur Banten Nomor 8 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid 19 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19.

Terkait klaim penerapan PPKM Mikro menurunkan kasus Covid 19 di Banten, data Pemetaan Zona Risiko Tingkat RT PPKM Mikro di wilayah Provinsi Banten terakhir menyebutkan di Kota Cilegon terdapat 1.175 RT zona hijau, 14 RT zona kuning, dan tidak ada RT yang masuk zona oranye serta zona merah.

Di Kota Tangerang terdapat 4.984 RT masuk zona hijau, 95 RT zona kuning, dan tidak ada RT yang masuk zona oranye serta zona merah. 

Halaman
12
Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Valentino Verry
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved