Breaking News:

Info Pemprov Jateng

Ganjar Sambangi Legenda Tayub Grobogan, Lasmi Sulastri

Diselingi canda tawa, Ganjar mendapat banyak cerita tentang masa lalu Lasmi yang moncer di dunia seni tempo dulu.

dok. Humas Pemprov Jateng
Legenda Tayub Grobogan, Lasmi Sulastri, menyambut tamu spesial yang mengunjunginya yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

Dek jaman berjuang, Njur kelingan anak lanang

Mbiyen tak openi, Ning saiki ana ngendi?

WARTAKOTELIVe.COM, GROBOGAN—Alunan lagu Caping Gunung itu mengalun merdu dari mulut legenda Tayub Grobogan, Lasmi Sulastri. Lagu itu dinyanyikan khusus untuk menyambut tamu spesial yang mengunjunginya yaitu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

"Sugeng rawuh pak Ganjar, monggo pinarak (selamat datang pak Ganjar, silahkan duduk)," sapa Lasmi pada Ganjar usai menyanyikan lagu untuk menyambut tamunya itu.

Ganjar pun langsung duduk lesehan di atas tikar. Tak ada kursi meja atau ornamen menonjol di rumah sederhana di Dusun Sambong Harjo Desa Kalisari Kecamatan Kradenan Grobogan itu, hanya gambar sepasang penari tayub di dinding dan foto masa muda Lasmi yang terpasang di sana.

Obrolan antara Ganjar dan Lasmi berlangsung sangat hangat. Diselingi canda tawa, Ganjar mendapat banyak cerita tentang masa lalu Lasmi yang moncer di dunia seni tempo dulu. Apalagi, beberapa kali Ganjar minta Lasmi menyanyikan beberapa lagu dan dituruti.

"Kula mpun 41 tahun pak berkecimpung di kesenian. Mulai karawitan, sinden wayang, ketoprak dan tayub. Ya nguri-nguri kabudayan Jawi pak, dari dulu sampai sekarang," kata waranggono berusia 61 tahun ini.

Legenda Tayub Grobogan, Lasmi Sulastri, menyambut tamu spesial yang mengunjunginya yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Legenda Tayub Grobogan, Lasmi Sulastri, menyambut tamu spesial yang mengunjunginya yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (dok. Humas Pemprov Jateng)

Lasmi mengatakan pernah tampil dengan bayaran hanya Rp15.000 untuk tiga orang. Zaman itu, bayaran segitu sudah sangat besar. Dan dari sana, ia terus menekuni dunia seni tayub hingga sukses dan terkenal. Ia bahkan beberapa kali pernah mengikuti sejumlah rekaman.

"Riyen laris pak, mboten nate prei (dulu terkenal dan banyak undangan manggung, tidak pernah libur). Keliling ke sejumlah tempat, ikut rekaman dan lain-lain," terangnya.

Bahkan, Lasmi juga mengatakan telah memiliki lagu karyanya sendiri. Sejumlah lagu ia ciptakan, salah satunya yang paling terkenal adalah Rondo Ngguguk. Ia pun menyanyikan lagu itu pada Ganjar.

Halaman
12
Editor: Ichwan Chasani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved