Breaking News:

Bulan Suci Ramadan

Buka Bersama Dilarang di Depok, Selain Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19, Ini Alasan Lainnya

Pemkot Depok melarang kegiatan buka bersama selama Bulan Ramadan karena ada alasan lain diluar menekan penyebaran Covid-19. 

Warta Kota
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono saat ditemui Warta Kota di ruang kerjanya, Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, Kamis (1/4/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Pemkot Depok melarang kegiatan buka bersama selama Bulan Ramadan. 

Hal ini mengacu pada surat edaran (SE) Wali Kota Nomor 451/171-Huk yang melarang kegiatan buka puasa bersama atau bukber.

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono kembali mengingatkan warganya untuk tidak melakukan kegiatan bukber secara massal.

Baca juga: Bentuk Toleransi Antarumat, Perhimpuanan Tionghoa Gelar Buka Bersama di Empat Wilayah Ibu Kota

Imbauan ini dikatakannya sebagai antisipasi memutus penyebaran Covid-19 khususnya di Kota Depok.

Terlebih saat ini Kota Depok tengH mendekati zona kuning atau tingkat risiko rendah penyebaran Covid-19.

Untuk itu, demi menjaga status Kota Depok yang kini masih dalam kategori zona oranye atau tingkat risiko sedang, Pemerintah Kota Depok menerapkan kebijakan tersebut.

Baca juga: Sumbang Rp 1 Miliar, Pemprov DKI Sediakan Buka Bersama Bahagia di 242 RT

"Imbauan ini untuk menjaga penyebaran Covid-19," paparnya seusai meninjau harga di Pasar Agung Depok, Jawa Barat, Senin (12/4/2021). 

Nantinya, Ketua DPD PKS Kota Depok ini juga mengatakan pihaknya akan menerjunkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok dalam menjaga dan mengawasi lokasi-lokasi yang rawan menjadi tempat untuk dijadikan bukber.

"Kami (Pemerintah Kota Depok) juga mengimbau kepada RT, RW, Lurah, dan Camat untuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa tidak mengadakan buka puasa dalam jumlah banyak atau masal," tuturnya.

Baca juga: Kiper Persita Bersyukur Melewati Ramadan Bersama Keluarga, Tapi Rindu Suasana Berbuka Bersama Tim

Selain untuk memutus penyebaran Covid-19, kebijakan larangan bukber juga demi dapat terlaksananya pembelajaran tatap muka (PTM) yang sedianya dijadwalkan pada 12 Juli mendatang.

"Depok sekarang zona oranye, mendekati zona kuning. Jangan sampai gara -gara buka puasa bersama, Depok merah lagi. Kan kasian anak anak sekolah mau belajar tatap muka. Kita harap Depok zona hijau," paparnya.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved