Breaking News:

Gempa Malang

UPDATE Gempa Malang, Pemkab Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa

Pemerintah Kabupaten Malang menetapkan status tanggap darurat gempa bumi pascaterjadinya gempa berkekuatan magnitudo 6,1, Sabtu (10/4/2021).

istimewa
Pascagempa Malang, Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur menetapkan status tanggap darurat gempa bumi. Foto ilustrasi: Banyak rumah warga mengalami kerusakan akibat gempa 6,7 SR, di Kabupaten Malang Sabtu (10/4/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, MALANG -- Pascagempa Malang, Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur menetapkan status tanggap darurat gempa bumi.

Tanggap darurat bencana adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan segera pada saat kejadian bencana untuk menangani dampak buruk yang ditimbulkan.

Serangkaian kegiatan itu meliputi kegiatan penyelamatan dan evakuasi korban, harta benda, pemenuhan kebutuhan dasar, pelindungan, pengurusan pengungsi, penyelamatan, serta pemulihan prasarana dan sarana.

Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur menetapkan status tanggap darurat gempa bumi pasca-terjadinya gempa berkekuatan magnitudo 6,1, pada Sabtu (10/4/2021) sekitar pukul 14.00 WIB.

Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Sadono, Sabtu malam mengatakan, sebanyak 21 kecamatan di wilayah tersebut terdampak gempa dengan pusat gempa di barat daya daerah itu.

Baca juga: MALANG Diguncang Gempa, Begini Kondisi Bangunan di Surabaya Menurut Laporan BPB

Baca juga: VIDEO Patung Kingkong Rusak akibat Dahsyatnya Guncangan Gempa di Malang Jawa Timur

“Kami menetapkan status tanggap darurat bencana gempa bumi,” kata Sadono di Malang.

Sebanyak 21 kecamatan tersebut, lanjut Sadono, beberapa di antaranya adalah di Gondanglegi, Sumberpucung, Gedangan, Turen, Dampit dan Poncokusumo.

Selain itu juga di Sumbermanjing Wetan, Kalipare, Wagir, Wajak, dan Jabung.

Gempa yang mengguncang beberapa wilayah di Jawa Timur tersebut, menyebabkan sejumlah korban meninggal dunia.

Baca juga: UPDATE Gempa Malang: 6 Orang Meninggal Dunia dan 1 Luka Berat

Di Kabupaten Malang, tercatat ada tiga korban yang dilaporkan meninggal dunia akibat gempa bumi itu.

Halaman
1234
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved