Breaking News:

Bulan Suci Ramadan

Satpol PP Jakarta Timur Petakan Lokasi Rawan PMKS Jelang Bulan Ramadan

Satpol PP Jakarta Timur mulai memetakan lokasi rawan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di wilayahnya menjelang Bulan Ramadan.

Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) duduk di Kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Rabu (6/1/2021). Sejumlah PMKS di Jakarta kembali berkeliaran 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Menjelang Bulan Ramadan, Jakarta biasanya diserbu peyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

Satpol PP Jakarta Timur melakukan pemetaan terhadap lokasi rawan kehadiran penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) menjelang datangnya bulan Ramadan 1442 Hijriah. 

Baca juga: Satpol PP Jakarta Pusat Bawa 70 PMKS ke Panti Sosial saat Operasi Asih Asuh

Kepala Satpol PP Jakarta Timur Budhy Novian mengatakan kehadiran PMKS seperti pengemis, pengamen, dan anak jalanan, yang ditemukan di 10 kecamatan di Jakarta Utara telah dipetakan.

"Lokasi yang biasa di sasar itu ada sekitar 38 lokasi rawan," kata Budhy, Kamis (8/4/2021).

Menurut Budhy, setiap kecamatan memiliki titik rawan PMKS. Contohnya seperti di Kecamatan Matraman dimana kehadiran PMKS rawan berada di sekitar Pasar Jangkrik. 

Baca juga: Satpol PP Kabupaten Tangerang Jaring 32 PMKS, Dites Rapid Antigen Sebelum Dikirim ke UPT Rehab

“Kalau di Kecamatan Jatinegara itu yang rawan di sekitar Bassura, di sekitar Pasar Gembrong,” ujar Budhy. 

Selain itu sepanjang Jalan Raya Bogor, khususnya di bawah Fly Over Pasar Rebo perbatasan antara Kecamatan Pasar Rebo dan Kecamatan Ciracas rawan kehadiran PMKS. 

“Untuk di Kecamatan Pulogadung meliputi Jalan Balai Pustaka, Jalan Rawamangun, dan Jalan Pemuda sebagai lokasi rawan PMKS,” tuturnya. 

Baca juga: Sepekan Dilantik, Menteri Risma Jaring 22 PMKS di Jakarta Meski Tuai Banyak Kritik

Untuk itu, dalam waktu dekat pihaknya memiliki rencana akan melakukan operasi penjangkauan PMKS serentak di 10 kecamatan di Jakarta Timur bersama jajaran Sudin Sosial Jakarta Timur. 

"Jelang Ramadan memang biasanya intensitas PMKS akan kembali marak, untuk itu kita tetap melakukan operasi penjangkauan serempak di Jakarta Timur," katanya.

Selama pandemi Covid-19, setiap PMKS yang terjaring akan dibawa ke tempat penampungan terlebih dahulu seperti di GOR Ciracas sebelum ditempatkan di panti-panti sosial.

Baca juga: 5 Kasus Kriminal Terbesar di Kota Bekasi Sepanjang Tahun 2020,Pria Mutilasi PSK hingga Mutilasi PMKS

“PMKS tidak hanya di bulan Ramadan, Tapi setiap hari kita pelaksanaan penyisiran, pengawasan, dan patroli,” kata Budhy.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved