Breaking News:

Relaksasi PPnBM

DAFTAR Lengkap Kendaraan yang Berhak Terima Insentif PPnBM, dari Toyota Fortuner hingga Suzuki XL7

Pabrikan otomotif yang berhak menerima insentif dari pemerintah, adalah mereka yang sudah menggunakan komponen lokal sebanyak 60 persen atau lebih.

Kompas.com/Kristianto Purnomo
Pemerintah resmi memperluas jangkauan untuk insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) kepada kendaraan 1.501-2.500 cc yang sudah mulai berlaku pada Kamis (01/04/2021) yang lalu.  Foto ilustrasi: All New Toyota Fortuner VRZ 4X4 menjajal medan offload di kaki Gunung Merapi, Sleman, DIY, Rabu (29/5/2019). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Salah satu dampak dari pandemi Covid-19 yang sangat nyata adalah anjloknya penjualan mobil di Tanah Air seiring menurunnya daya beli masyarakat akibat sektor ekonomi yang ikut terpukul.

Sudah banyak kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi pandemi, sekaligus mengatasi sektor ekonomi agar tidak terpuruk semakin dalam.

Salah satu kebijakan yang disambut hangat masyarakat antara lain adalah relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) kendaraan.

Video: Respon Ayah Terduga Teroris ZA, Tak Sangka Anaknya Teror Mabes Polri

Pemerintah resmi memperluas jangkauan untuk insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) kepada kendaraan 1.501-2.500 cc yang sudah mulai berlaku pada Kamis (01/04/2021) yang lalu. 

Dalam hal ini, terdapat total sebanyak 29 kendaraan dari berbagai jenis dan merek yang berhak untuk merasakan adanya insentif yang dikeluarkan oleh pemerintah pada Maret lalu yang berguna untuk mendorong perekonomian Indonesia. 

Kebijakan ini juga sudah tertuang dalam Keputusan Menteri Perindustrian (Kemenperin) Nomor 83 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor dengan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Ditanggung oleh Pemerintah pada Tahun Anggaran 2021. 

Baca juga: Toyota Fortuner dan Kijang Innova Dapat Relaksasi PPnBM 2.500cc, Konsumen Tunda Pembelian

Baca juga: Deretan Mobil yang Diprediksi Bakal Masuk Kriteria Perluasan Relaksasi PPnBM 2.500 cc

Pabrikan otomotif yang berhak menerima insentif dari pemerintah, adalah mereka yang sudah menggunakan komponen lokal sebanyak 60 persen atau lebih.

Kemenperin juga mencatat ada sebanyak 115 jenis komponen yang harus digunakan dalam satu kendaraan. 

Untuk kendaraan 1.501 sampai dengan 2.500 cc, Kemenperin memberikan kepada tujuh model kendaraan yang berhak menerima dan merasakan kebijakan yang dinilai dapat menguntungkan banyak pihak.  

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved