Breaking News:

Bulan Suci Ramadan

MUI Kota Bekasi Sarankan Pengurus Masjid Bagi Sesi Sholat Tarawih Ramadhan 2021

MUI Kota Bekasi akan merekomendasikan Pemkot Bekasi untuk memperbolehkan umat muslim melaksanakan sholat tarawih berjamaah di masjid

KOMPAS.COM/DASPRIANI Y. ZAMZAMI
MUI Kota Bekasi rekomendasikan shalat tarawih berjamaah di masjid pada bulan Ramadhan 1442 Hijriah Jemaah memadati Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh untuk melaksanakan ibadah salat tarawih. Ulama di Aceh mengeluarkan tausiyah yang memperbolehkan warga melaksanakan ibadah tarawih berjamaah, dengan syarat mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan membawa sajadah sendiri. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI -- Meski masih pandemi Covid-19 saat Ramadhan 1442 Hijriah, Pemkot Bekasi mengizinkan shalat tarawih di masjid secara berjamaah.

MUI Kota Bekasi akan merekomendasikan Pemkot Bekasi untuk memperbolehkan umat muslim melaksanakan sholat tarawih berjamaah di masjid pada Ramadhan 2021 ini.

Ketua MUI Kota Bekasi KH Miran Syamsuri mengatakan melandainya kasus Covid-19 dan tak adanya zona merah di Kota Bekasi menjadi alasan pihaknya memperbolehkan sholat tarawih berjamaah.

"Pemerintah menilai di Kota Bekasi ini zona hijau, kalau enggak salah, hampir 80 persen, sisanya kuning. Zona merah di Kota Bekasi kan enggak ada," kata Mir'an saat dikonfirmasi, Rabu (31/3/2021).

Baca juga: Kumpulan Doa Menyambut Bulan Ramadhan 1442 Hijriah yang Sering Dilakukan Nabi Muhammad SAW

Namun demikian, beberapa aturan diharapkannya bisa dipatuhi oleh para pengurus masjid apabila Pemkot Bekasi telah memberikan lampu hijau.

Seperti misalnya, membagi jadwal sesi pelaksanaan sholat tarawih menjadi beberapa gelombang guna mengantisipasi kerumunan.

"Bisa saja dibuat gelombang. Artinya kalau kapasitas masjid 100 orang, yang diperbolehkan hanya 50 orang dulu, yang sisanya boleh saja melaksanakan setelah rombongan pertama selesai. Atau kalau ada lahan di luar, boleh saja," ucapnya.

Baca juga: Berikut 10 Waktu Doa Mustajab di Bulan Ramadhan Mulai Saat Sahur Hingga Buka Puasa

Terkait banyaknya rakaat, Mir'an menyarankan agar jumlahnya tak terlau banyak sehingga masyarakat tetap bisa melaksanakan ibadah sholat tarawih secara berjamaah.

"Ya kalau mau mengikuti ini ya 21, di Mekkah dan Madinah itu 21 rakaat. Hanya saya di indonesia ini 8 rakaat saja, silahkan saja. Isya sendiri, 8 rakaat di luar sholat isya. Witirnya kalau bisa juga di masjid karena di luar bulan puasa enggak boleh, jadi ini kesempatan bagus," ungkap Mir'an.

Keputusan mengenai boleh tidaknya sholat tarawih berjaah baru akan diputuskan hari ini setelah pihaknya mengadakan pertemuan dengan Pemkot Bekasi

Halaman
1234
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved