Breaking News:

Vaksinasi Covid19

Butuh Studi Lebih Lanjut, Sertifikat Vaksin Covid-19 untuk Syarat Bepergian Masih Wacana

Pemerintah pun belum membahas lebih lanjut terkait sertifikat vaksin Covid-19, dan tetap akan menunggu hasil kajian yang valid.

Biro Pers Setpres/Kris
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah belum membahas lebih lanjut terkait sertifikat vaksin Covid-19 untuk syarat bepergian, dan tetap akan menunggu hasil kajian yang valid. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Sertifikasi vaksin Covid-19 sebagai syarat bepergian, masih sebatas wacana.

Satgas Penanganan Covid-19 mengingatkan masyarakat hal itu belum direalisasikan.

Pemerintah pun belum membahas lebih lanjut terkait sertifikat vaksin Covid-19, dan tetap akan menunggu hasil kajian yang valid.

Baca juga: Tak Usah Diproses Hukum, Politikus PDIP Minta BNN Langsung Tembak Mati Bandar Narkoba

"Sampai dengan saat ini, hal tersebut merupakan wacana," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, saat konferensi pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Kamis (18/3/2021), yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Untuk mewujudkan sertifikasi vaksin Covid-19 sebagai syarat bepergian, menurut Wiku, harus dilakukan studi lebih lanjut tentang efektivitas vaksin dalam menciptakan kekebalan individu, kepada orang yang telah mendapatkan vaksin Covid-19.

Dan jika tidak ada hasil studi yang valid, maka tidak ada jaminan kekebalan individu tercipta.

"Apabila sertifikat tersebut dikeluarkan tanpa adanya studi yang membuktikan adanya kekebalan individu telah tercipta, maka pemegang sertifikat tersebut memiliki potensi tertular atau menularkan virus Covid-19 selama melakukan perjalanan," tegasnya.

Update Vaksinasi

Sejak program vaksinasi Covid-19 dimulai pada 13 Januari 2021, pemerintah sudah menyuntikkan dosis pertama kepada 4.838.752 (11,99%) penduduk hingga Kamis (18/3/2021).

Sedangkan dosis kedua sudah diberikan kepada 1.948.531 (4,83%) orang.

Halaman
1234
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved