Breaking News:

Virus Corona

Satgas: Fenomena Long Covid Pasien Sembuh Tidak Menular ke Orang Lain di Sekitar, Simak Gejalanya

Fenomena Long Covid yang dialami pasien usai sembuh dari infeksi tidak akan menular pada orang lain di sekitarnya.

Biro Pers/Setpres - Muchlis Jr
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, dengan melihat perkembangan yang positif ini, menjadi dasar bagi pemerintah menerapkan perpanjangan kebijakan PPKM dengan berbasis mikro hingga ke tingkat terkecil dalam masyarakat. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Angka pasien sembuh dari Covid-19 di Indonesia terus bertambah, meski angka pasien positif juga belum melandai secara signifikan.

Di tengah upaya penanganan Covid-19 secara nasional, Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, fenomena Long Covid yang dialami pasien usai sembuh dari infeksi tidak akan menular.

Apa itu fenomena Long Covid?

Video: Konferensi Pers Menpora Terkait Evaluasi Prokes pada Laga Uji Coba

Fenomena Long Covid yang dialami pasien usai sembuh dari infeksi tidak akan menular pada orang lain di sekitar, ujar Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito.

"Mereka yang menderita Long Covid tidak akan menularkan ke orang di sekitar. Meski perlu ada penelitian lebih lanjut," katanya dalam konferensi pers melalui daring, Selasa (9/3/2021).

Long Covid merupakan suatu gejala Covid-19 jangka panjang yang dialami pasien beberapa bulan setelah infeksi atau saat masa pemulihan.

Baca juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca 3 Hari Kedepan Akibat Sirkulasi Siklonik Samudera Pasifik Utara

Baca juga: RSUD CAM Kota Bekasi Kini Dilengkapi Layanan Pusat Jantung, Vaskular dan Otak Terpadu

Gejala yang yang timbul umumnya kelelahan, kesulitan bernapas, batuk, sakit sendi dan sakit dada.

Gejala lainnya adalah sulit konsentrasi, depresi, sakit pada jaringan otot, sakit kepala, jantung berdebar, gatal, rambut rontok, indera penciuman dan perasa terganggu.

Meskipun jarang, ada juga yang mengalami komplikasi medis hingga mempengaruhi fungsi jantung, fungsi paru bahkan kerusakan ginjal akut.

Halaman
1234
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved