Breaking News:

Prakiraan Cuaca

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca 3 Hari Kedepan Akibat Sirkulasi Siklonik Samudera Pasifik Utara

BMKG merilis peringatan dini mengenai potensi terjadinya hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah DKI Jakarta.

Penulis: Hertanto Soebijoto | Editor: Hertanto Soebijoto
Antara/Benardy Ferdiansyah
Peringatan dini terkait cuaca tiga hari kedepan telah dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Selasa (9/3/2021) siang. Foto ilustrasi: Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (tengah) saat jumpa pers di gedung BMKG, Selasa (25/12/2018) malam. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Peringatan dini telah dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Selasa (9/3/2021) siang.

Sebagaimana dikutip dari laman @BPBDJakarta, BMKG merilis peringatan dini mengenai potensi terjadinya hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah DKI Jakarta pada Selasa (9/3) dan Rabu (10/3).

Antara tanggal 9 hingga 11 Maret 2021 BMKG juga mengeluarkan peringatan dini tiga hari kedepan dan penjelasan mengenai penyebabnya.

Menurut penjelasan BMKG, penyebab terjadinya hujan disertai petir dan angin kencang dalam tiga hari kedepan adalah akibat sirkulasi siklonik.

Hal itu, menurut BMKG, terpantau di Samudera Pasifik Utara, Papua Barat yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Kalimantan Utara hingga Sulawesi Selatan.

Kemudian di Maluku sirkulasi siklonik lainnya terpantau di perairan selatan Jawa Barat dan di laut Timor bagian selatan.

Baca juga: Polisi Tembak Betis Kaki Tersangka Pencuri di Perumahan BSD Serpong, Ini Alasannya

Baca juga: Anugerah Wati Mengaku Lebih Nyaman Vaksinasi Covid-19 di Mall, Prosesnya Hanya 1 Jam

Kondisi tersebut mampu menyebabkan peningkatan potensi pembentukan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Atas dasar kondisi tersebut, BMKG mengeluarkan imbauan kepada OPD terkait, para camat dan lurah daerah rawan banjir atau longsor agar mengantisipasinya.

Di antaranya dengan menyiagakan PPSU dan Satgas Banjir atau PKLG Kecamatan atau menghubungi nomor telepon 112 apabila membutuhkan bantuan.

Tiga Wilayah Ini Akan Dilanda Hujan Disertai Petir

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved