Breaking News:

VIDEO Alat Deteksi Covid-19 GeNose C19 Mulai Digunakan di Pelabuhan Tanjung Priok

Kedatangan Budi bersama dengan jajarannya itu untuk meninjau penerapan GeNoSe C19 sebagai alat yang digunakan mendeteksi Covid-19. 

Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi Terminal Penumpang Nusantara, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (26/2/2021) untuk meninjau penerapan GeNoSe C19 sebagai alat yang digunakan mendeteksi Covid-19. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com Junianto Hamonangan

WARTAKOTALIVE.COM, TANJUNGPRIOK -- Menteri Perhubungan Budi Karya mengunjungi Terminal Penumpang Nusantara, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (26/2/2021). 

Kedatangan Budi bersama dengan jajarannya itu untuk meninjau penerapan GeNoSe C19 sebagai alat yang digunakan mendeteksi Covid-19. 

“Saya gembira hari ini GeNose bisa mulai diterapkan di Pelabuhan Tanjung Priok,” ucap Budi, Jumat (26/2/2021). 

Budi menambahkan penggunaan GeNoSe C19 itu akan dilakukan secara acak terhadap para calon penumpang kapal untuk mendeteksi Covid-19. 

Baca juga: Penerapan GeNose C19 di Bandara Tidak Hilangkan Layanan Rapid Test Antigen dan PCR

“Tidak wajib (mandatory), tetapi dilakukan secara acak (random),” ungkap Budi. 

Adanya langkah tersebut diharapkan membuat masyarakat memastikan dirinya dalam kondisi sehat. Pasalnya apabila hasil tesnya positif, maka dipastikan tidak boleh berangkat. 

“Apa artinya? Tidak ada yang tahu siapa yang akan diperiksa dan apabila mereka dinyatakan positif maka mereka tidak boleh pergi,” katanya. 

Baca juga: PT Pelni Berharap GeNose C19 Dapat Segera Diterapkan untuk Penumpang Kapal Laut

Pada kesempatan itu juga diperlihatkan proses pengambilan sampel dilakukan dalam sebuah bilik. Hal itu selaras dengan usulan epidemiolog. 

“Sehingga pada saat mereka meniup tidak ada yang keluar dari ruangan,” ungkapnya. 

Sementara itu ada lima alat GeNose C19 yang disiapkan PT Pelindo II di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok saat uji coba.

Baca juga: Harga Tes GeNose C-19 di Bandara Harus Sama dengan di Stasiun, YLKI: Jangan Ambil Untung

Budi berharap pengecekan secara acak melalui GeNose C19 selanjutnya juga akan diterapkan di pelabuhan-pelabuhan lainnya dengan menyusul Pelabuhan Tanjung Priok yang sudah lebih dulu. 

“Harapannya semakin hari GeNose bisa semakin bagus, dan GeNose bisa terus melakukan tracing dengan baik,” ungkapnya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved