Breaking News:

Virus Corona

Penerapan GeNose C19 di Bandara Tidak Hilangkan Layanan Rapid Test Antigen dan PCR

PT Angkasa Pura II saat ini sedang melakukan pembahasan dengan mitra penyedia layanan kesehatan terkait penerapan GeNose C19 di bandara.

Editor: Hertanto Soebijoto
Dok PT Angkasa Pura II Persero
Foto ilustrasi: Pihak PT Angkasa Pura II Persero meningkatkan kewaspadaan pencegahan penularan virus corona atau Covid-19 menjelang libur panjang pada 28 Oktober hingga 1 November 2020 dengan konsisten menerapkan protokol kesehatan yang selalu dijalankan ketat terhadap personel bandara dan traveler. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) melalui anak perusahaannya yaitu PT Angkasa Pura Solusi, saat ini sedang melakukan pembahasan dengan mitra penyedia layanan kesehatan terkait penerapan GeNose C19 di bandara.

Direktur Komersial PT Angkasa Pura Solusi Yundriati Erdani mengatakan, terkait layanan GeNose C19 yang akan diterapkan di bandara saat ini masih dalam pembahasan terkait seperti apa penggunaannya.

"Kami sudah dengan rencana penerapan GeNose C19 di bandara dan saat ini kami sedang dalam tahap pembahasan dengan mitra penyedia layanan kesehatan, terkait penggunaan alat skrining ini," kata Yundriati saat dikonfirmasi, Minggu (28/2/2021).

Ia juga menyebutkan, meski ada layanan GeNose C19 di bandara tetapi ini tidak menghilangkan rapid test antigen dan PCR tes yang menjadi salah satu syarat perjalanan menggunakan transportasi udara.

Terkait jumlah alat yang akan disediakan di bandara, lanjut Yundriati, saat ini pihaknya masih membahas dan menghitung kebutuhan GeNose C19 ini berapa unit.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub), akan menyiapkan regulasi terkait penggunaan alat tes Covid-19 menggunakan GeNose C19 di sektor transportasi udara.

Baca juga: BREAKING NEWS: Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah Ditahan KPK di Guntur

Baca juga: UPDATE Prakiraan Cuaca Jakarta Minggu 28 Februari, BMKG: Pagi Ibu Kota Cerah Berawan, Siang Hujan

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto menyebutkan, pihaknya akan menyiapkan regulasi terkait penggunaan GeNose C19 untuk transportasi udara dalam waktu dekat ini.

"Regulasi ini, tentunya akan dibuat dengan mempertimbangkan prinsip kehati-hatian dalam penggunaan alat GeNose C19 di sektor transportasi udara," ucap Novie saat dikonfirmasi, Kamis (25/2/2021).

Ia juga menjelaskan, pihaknya akan mempersiapkan dengan matang terkait peralatan yang akan digunakan, tempat pelayanan hingga prosedur penggunaan GeNose C19.

"Kami juga ingin adanya standar operasional prosedur, yang diterapkan oleh maskapai dan operator bandara sehingga layanan ini benar-benar siap," ucap Novie.

Baca juga: SIM Keliling Jakarta Minggu 28 Februari 2021, Cek Lokasi Simling Kota Lain dan Gerai SIM

Menurutnya, dalam regulasi penggunaan GeNose C19 akan mengatur tatalaksana tes di bandara untuk mengantisipasi penumpukan antrean.

"Kami ingin GeNose C19 ini mempermudah penumpang pesawat, maka dari itu harus disiapkan dengan matang," kata Novie. (Hari Darmawan)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved