Breaking News:

Virus Corona Jakarta

GeNose C19 Mulai Diujicoba di Terminal Pulo Gebang, Targetkan Penumpang dan Awak Bus AKAP

GeNose C19 Mulai Diujicoba di Terminal Pulo Gebang, Targetkan Penumpang dan Awak Bus AKAP. Berikut Selengkapnya

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Dwi Rizki

WARTAKOTALIVE.COM, CAKUNG - Uji coba penggunaan Diagnosa Cepat Sars-Cov2 (GeNoSe C19) di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur akan mulai dilakukan pada Minggu (7/2/2021) mendatang.

Kepala Terminal Terpadu Pulo Gebang Bernard Pasaribu mengatakan penggunaan GeNoSe C19 tersebut menyasar penumpang dan awak bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

“Sifatnya random. Jadi kita cari penumpang, kita tarik untuk melakukan tes GeNoSe, sama seperti rapid antigen,” ucap Bernard, Sabtu (6/2/2021). 

Sementara itu terkait dengan jumlah alat yang mampu mendeteksi Covid-19 lewat hembusan tersebut dipastikan hanya ada satu di Terminal Pulo Gebang. 

Kampanye Bulan K3 Nasional 2021, BPJamsostek Jakarta Pulo Gebang Bagikan Corona Safety Kit

Selain itu pihaknya belum dapat memastikan alat yang merupakan hasil karya peneliti Universitas Gajah Mada (UGM) tersebut sepenuhnya akan diberikan atau tidak.

“Sementara mau didrop satu dulu karena alatnya masih terbatas, masih dalam proses produksi,” sambung Bernard. 

Dipercaya Pimpin Kota Jakarta Selatan, Anies Tunjuk Isnawa Adji Jadi Plt Wali Kota Gantikan Marullah

Bernard menambahkan nantinya alat itu akan ditempatkan di area keberangkatan penumpang. Nantinya untuk penggunaannya dilakukan sesaat sebelum penumpang berangkat.

Apabila hasil tes yang membutuhkan waktu 50 detik menyatakan penumpang terpapar Covid-19 maka yang bersangkutan tida bisa berangkat dan diminta menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

“Kalau seandainya ada yang psoitif kami mandu yang bersangkutan untuk langsung pulang sampai dengan kendaraannya. Kita memastikan pulang, sudah begitu prosedurnya,” ucap Bernard. (jhs)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved