Pilkada Tangsel

Muhamad-Saraswati Gugat Kemenangan Ben-Pilar, Bahkan Minta Pemungutan Suara Ulang di Seluruh TPS

Adapun kecurangan yang dimaksud Muhamad-Sara yakni adanya penyaluran dana Baznas digunakan sebagai alat bukti untuk pemenangan

Penulis: Dedy | Editor: Dedy
istimewa
Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Muhamad - Rahayu Saraswati dalam acara Penyampaian Visi Misi Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan 2020. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGSEL --- Merasa ada pelanggaran yang dilakukan secara terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) terkait hasil Pilkada 2020, calon wali kota dan calon wakil wali kota Tangerang Selatan nomor urut 1, Muhamad dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (Muhamad-Sara) mengajukan permohonan sengketa hasil Pilkada 2020 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Dalam hal ini mengajukan permohonan kepada Mahkamah Konstitusi perihal perselisihan penetapan hasil pemilihan calon wali kota da wakil wali kota Tangerang Selatan,” demikian kutipan salah satu berkas permohonan yang dilansir dari laman resmi www.mkri.id, Selasa (22/12/2020) mengutip pemberitaan Kompas.com.

Rahayu Saraswati merupakan keponakan dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Adapun kecurangan yang dimaksud Muhamad-Sara yakni adanya penyaluran dana Baznas digunakan sebagai alat bukti untuk pemenangan pasangan calon petahana nomor urut 3, Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan.

Kemudian adanya pengerahan aparatur sipil negara (ASN) dalam upaya memenangkan pasangan calon nomor urut 3 yang merupakan petahana itu.

Selain itu, keterlibatan termohon atau penyelenggara terlibat langsung dalam pemenangan pasangan calon nomor urut 3.

Oleh karena itu, pihak Muhamad-Sara meminta MK menerima dan mengabulkan permohonan untuk seluruhnya.

Lalu, membatalkan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan. Kemudian menyatakan diskualifikasi pasangan nomor urut 3.

Muhamad-Sara juga meminta MK memerintahkan termohon, dalam hal ini penyelenggara pemilu untuk melakukan pemungutan suara ulang di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) di Tangerang Selatan.

“Memerintahkan kepada termohon untuk melaksanakan putusan Mahkamah ini sebagaimana mestinya,” demikian isi salah satu poin permohonan dalam berkas permohonan.

Berdasarkan hasil penetapan KPU Tangerang Selatan, pasangan Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan unggul dengan 235.734 suara.

Sementara itu, Muhamad-Sara mendapat 205.309 suara, sedangkan anak Wakil Presiden Ma’ruf Amin yakni Siti Nur Azizah Ma’ruf dan Ruhamaben 134.682 suara.

Baca juga: PO Bus Mengeluh, Gara-gara Harus Rapid Test Penumpang di Terminal Klari Karawang Takut Mudik

Baca juga: 8.000 Anak di Banten Telah Terpapar Covid, Gubernur Instruksikan Lanjutkan Saja Belajar Daring!

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved