Kabinet Jokowi

ARTI Jokowi Pilih Rabu Pon, Pas Hari Lahir Cucu Kedua, untuk Reshuffle Kabinet Menurut Primbon Jawa

Kenapa Presiden Jokowi memilih hari kelahiran sang cucu, Rabu Pon, untuk melakukan reshuffle kabinet, apa artinya menurut primbon Jawa?

Editor: Suprapto
YouTube@ Sekretariat Presiden
Kenapa Presiden Jokowi pilih weton sang cucu untuk reshuffle kabinet atau di hari Rabu Pon. Foto: Presiden Jokowi mengenakan busana adat dari Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada upacara peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Senin (17/8/2020). 

* Kenapa Jokowi 3 kali pilih Rabu Pon untuk Reshuffle Kabinet?

* Arti Rabu Pon dalam penanggalan Jawa

* Weton Jokowi Rabu Pon, 21 Juni 1961

* Cucu perempuan pertama Jokowi juga lahir Rabu Pon

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Presiden Joko Widodo memilih Rabu Pon atau bertepatan dengan hari lahir cucu kedua untuk melakukan reshuffle kabinet.

Di samping bertepatan dengan hari lahir sang cucu, Rabu Pon juga hari lahir Presiden Jokowi, tepatnya Rabu Pon, 21 Juni 1961.  

Buat Jokowi, Rabu Pon memiliki arti yang special dan mempunyai makna tersendiri.

Arti pertama tentu itu bertepatan dengan hari kelahirannya. 

Di samping itu,  cucu perempuan pertamanya sekaligus cucu kedua bagi Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana juga lahir di hari atau weton Rabu Pon, tepatnya Rabu (1/8/2018).  

Beberapa momen bersejarah orang nomor satu di republik ini juga banyak terjadi pada Rabu Pon, mulai momen pengumuman Jokowi terpilih menjadi Presiden oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 2014, hingga perombakan Kabinet Kerja pada 12 Agustus 2015 dan 27 Juli 2016.

Menurut Primbon Jawa, weton memiliki arti tersendiri dan sering dikatikan dengan hari baik dan hari buruk serta karakter seseorang.

Weton sering kali merujuk pada hari kelahiran karena istilah tersebut berasal dari bahasa Jawa, yaitu wetu yang berarti keluar atau lahir atau hari saat dilahirkan.

Kembali Pilih Rabu Pon

Jokowi kembali memilih Rabu Pon sebagai hari pelantikan menteri dalam jajaran kabinet yang ia pimpin.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved