Breaking News:

Berita Kesehatan

Begini Masuknya Molekul BPA ke Dalam Tubuh, Berbahaya Bagi Bayi dan Ibu Hamil

Diperlukan sikap yang bijaksana untuk meneliti lebih dulu kode kemasan dan bahan kemasan makanan dan minuman yang kita sajikan.

Istimewa
dr Daulika Husna SpA dokter spesialis anak Neonatologist dari Rumah Sakit Mayapada Kuningan 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Untuk mengurangi resiko terpapar BPA (bisphenol A) adalah dengan tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang termigrasi molekul BPA. Artinya tidak makan atau minum, dari wadah plastik yang mengandung unsur kimia BPA.

Caranya dengan menghindari minum dari minuman air galon isi ulang, yang sudah jelas mengandung unsur  BPA.

Itulah salah satu kesepakatan dari webinar dengan tema 'Mengenal BPA dari Rumah' yang diikuti oleh, dr Darrel Fernando SpOG dokter spesialis kandungan dari Rumah Sakit Mayapada Kuningan, dr Daulika Husna SpA dokter spesialis anak Neonatologist dari Rumah Sakit Mayapada Kuningan, Nucha Bachri co-founder parentalk.id dan Dr -Ing Azis Boing Sitanggang S.TP MSc, pakar teknologi pangan.

Webinar yang diselenggarakan oleh Cerdik Sehat bekerja sama dengan Rumah Sakit Mayapada dan Parentalk ini, sejatinya ingin memberi edukasi kepada masyarakat, bahwa minuman yang ditempatkan di dalam wadah mengandung BPA maka makanan tersebut telah terpapar BPA.

Baca juga: Dokter Dian Kristiani: Kemasan Plastik BPA Sangat Berbahaya Bagi Bayi

Dalam webinar itu, tentu salah satu solusinya adalah menghindarinya wadah yang mengandung BPA.

Menurut dr. Daulika Yusna, Sp.A kemasan makanan dan minuman atau galon dengan kandungan yang tidak tepat, seperti mengandung BPA, sangat berbahaya jika isinya dikonsumsi setiap hari dalam jangka waktu lama.

Para panelis sepakat bahwa untuk mengurangi resiko BPA adalah dengan tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang termigrasi molekul BPA.

"Sebagai orang tua apakah kita sudah berkomitmen memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi anak-anak kita," ujar Nucha Bachri, Co-Founder Parentalk.id.

Baca juga: Disiplin Bermasker dan Jaga Jarak Anjlok, Satgas Covid-19: Hargailah Dokter dan Tenaga Kesehatan

Nucha menambahkan hal yang harus orangtua lakukan di rumah adalah berani menyingkirkan wadah makanan atau minuman yang mengandung BPA.

Jangan membeli karena tertarik pada  bentuk kemasannya melainkan mengutamakan faktor kesehatannya.

Halaman
123
Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Feryanto Hadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved