Breaking News:

Berita Jakarta

27 Septik Tank Dibangun di Ciracas Jakarta Timur Diperuntukkan bagi Warga Tidak Mampu

Sebanyak 27 septik tank dibangun di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur yang diperuntukkan bagi warga tidak mampu.

Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Pembangunan septik tank bagi warga tidak mampu di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.  

WARTAKOTALIVE.COM, CIRACAS - Sebanyak 27 septik tank dibangun di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur yang diperuntukkan bagi warga tidak mampu.

Pembangunan ke-27 septic tank itu dimulai sejak awal tahun 2020 di lima kelurahan. 

Camat Ciracas Mamad mengatakan, sejauh ini sudah ada 27 septik tank yang dibangun untuk warga tidak mampu. Lokasinya tersebar di lima kelurahan di Kecamatan Ciracas.

"Secara umum yang dibangun satu septik tank untuk satu KK (kepala keluarga), tapi ada beberapa yang untuk 3-4 KK," ungkap Mamad, Selasa (17/11/2020).

Pembangunan puluhan septik tank itu dilakukan dengan menggunakan anggaran hasil swadaya masyarakat, Pemprov DKI Jakarta, maupun juga Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca juga: VIDEO KSAD Jenderal Andika Bertemu LPSK, Bahas Perusakan dan Penyerangan Mapolsek Ciracas

Baca juga: Banjir Ciracas, PT Khong Guan Tawar Ganti Rugi 50 Persen dengan Janji Beri Pekerjaan Kepada Warga

Khusus pembangunan septik tank di Kelurahan Susukan dan Kelurahan Ciracas, dikerjakan oleh PD Pal Jaya. Sementara di Kelurahan Kelapa Dua Wetan dikerjakan oleh Kementerian PUPR. 

“Tujuannya (pembangunan septik tank) warga yang secara ekonomi tidak mampu membangun septik tank tak membuang kotoran ke saluran air, khususnya Kali Cipinang,” ujarnya.

Proses pembangunan septik tank melibatkan PPSU di masing-masing kelurahan. Mereka akan membantu proses penggalian tanah di lokasi yang bakal dijadikan septik tank warga.

"Sekarang pengerjaan masuk tahap tiga, 10 unit septik tank sedang dalam tahap verifikasi untuk warga ekonomi tidak mampu," tuturnya.

Baca juga: Bujuk Warga Agar Mau Ikut Tes Swab, Puskesmas Ciracas Libatkan Pengurus RT/RW

Sebelumnya Mamad mengatakan tercatat sekitar 1.000 KK di Kecamatan Ciracas belum memiliki septik tank hingga bulan Mei 2020. Lokasinya pun tersebar di lima kelurahan. (jhs)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved