Breaking News:

Banjir Jakarta

Sepanjang Tahun Kebanjiran, Kementerian PUPR dan PPK Kemayoran Rekayasa Underpass Timur Kemayoran

Sepanjang Tahun Kebanjiran, Kementerian PUPR dan PPK Kemayoran Rekayasa Underpass Kemayoran. Simak Selengkapnya

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Dwi Rizki
PPK Kemayoran
Pekerja tengah melakukan perbaikan Underpass Timur Kemayoran, Kemayoran, Jakarta Pusat. Perbaikan yang dilakukan atas kolaborasi antara PPK Kemayoran dan Kementerian PUPR itu bertujuan untuk mengatasi banjir yang kerap terjadi di lokasi. 

WARTAKOTALIVE.COM, PADEMANGAN - Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) bersinergi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatasi banjir di Underpas Timur Kemayoran. 

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga dan Direktorat Sumber Daya Air saat ini tengah melakukan upaya perbaikan Underpass Timur Kemayoran

Kepala Divisi Pembangunan Proyek PPK Kemayoran, Muslimin mengatakan perbaikan Underpass Timur Kemayoran dilakukan sejak Agustus 2020 agar banjir tidak terjadi kembali. 

Menurut Muslimin, salah satu penyebab banjir di Underpas Timur Kemayoran adalah saluran air tersumbat karena sedimen lumpur dan pompa yang tersedia kurang bekerja secara optimal. 

“Adanya perbaikan underpas timur ini diharapkan banjir tidak terulang lagi,” ucap Muslimin, Kamis (12/11/2020). 

Perbaikan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, meliputi seperti peninggian jalan setinggi 60 sentimeter, dan perbaikan lantai atas dan bawah underpas. 

“Juga pembuatan tanggul di sekeliling underpas serta perbaikan lainnya di Underpass Timur,” kata Muslimin. 

Baca juga: Waduh, Apartemen & Hotel Jadi Pilihan Pengguna Narkoba Sejak Tempat Hiburan Malam Tutup Pemprov DKI

Sementara Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR melakukan pembuatan kolam penampungan air dan pemasangan pompa.

Hal ini dikarenakan awalnya pompa air yang dimiliki PPK Kemayoran hanya berkapasitas 220 liter. 

“Untuk mencegah banjir, PPK Kemayoran dan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air menambah pompa air. Sehingga saat ini memiliki pompa dengan total kapasitas 340 liter,” ujarnya. 

PPK Kemayoran berkontribusi mengganti satu pompa di Underpass Timur dengan kapasitas 100 liter dan penggantian satu pompa di Underpass Barat dengan kapasitas 20 liter. 

Baca juga: Nekat Lawan Arah, Iring-iringan Mobil Dinas RI 10 Diprotes Pengendara Pajero

Sementara Direktorat Jenderal Sumber Daya Air memasang dua pompa air di Underpass Timur dimana satu di antaranya berkapasitas 100 liter, dan lainnya berkapasitas 20 liter.

”Saat ini sudah teruji dari adanya pengerjaan proyek perbaikan underpass beberapa kali hujan besar. Kemarin air sudah tidak masuk lagi dari jalan sekelilingnya”, ucap Muslimin.

Adapun pengerjaan peninggian jalan, pembuatan tanggul di sekeliling underpass saat ini sudah hampir selesai. Sementara untuk pengerjaan pemasangan pompa akan selesai Desember 2020. (jhs)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved