Breaking News:

Berita Jakarta

Puting Beliung Terjang Tugu Selatan Koja, Begini Kondisi 30 Rumah Milik Warga

Puting beliung terjang Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Selasa (20/10/2020). Puluhan rumah warga mengalami kerusakan.

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Hertanto Soebijoto
Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Puting beliung terjang kawasan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Selasa (20/10/2020). Puluhan rumah warga mengalami kerusakan. 

WARTAKOTALIVE.COM, KOJA - Puting beliung terjang Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Selasa (20/10/2020). Puluhan rumah warga mengalami kerusakan.

Puluhan rumah warga di wilayah RW 07 Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Selasa (20/10/2020) mengalami kerusakan usai diterjang angin puting beliung.

Puluhan rumah warga yang rusak parah akibat diterjang angin puting beliung salah satunya berada di Jalan Perjuangan Raya.

Atap rumah warga terbang terbawa angin puting beliung.

Selain itu, barang-barang milik warga seperti lemari es juga tampak hancur akibat terjangan angin puting beliung yang terjadi secara cepat tersebut.

Ketua RT 17 RW 07 Tugu Selatan, Rusmida Tambunan mengatakan, peristiwa angin puting beliung tersebut terjadi sekira pukul 18.00 WIB yang diikuti suara kencang gemuruh.

"Kebetulan saya lagi keluar mau cari tukang urut, anak saya lagi sakit. Itu habis hujan, tiba-tiba angin sudah putar-putar begini," kata Rusmida.

Baca juga: Berniat Ikut Demo, Puluhan Pelajar dari Karawang Diamankan Polisi di Pasar Ular Koja

Baca juga: Langgar Protokol Kesehatan, Satu Toko Herbal Disegel Satpol PP Kecamatan Koja

Menurut Rusmida, angin puting beliung itu terjadi selama 15 menit sebelum akhirnya berhenti.

Hasilnya sejumlah atap rumah warga termasuk rumah Rusmida hancur beterbangan.

"Saya berhenti karena ngelihat tiba-tiba di depan saya sudah ada atap seng terbang saya nggak tahu dari mana itu. Pas saya pulang ke rumah ternyata rumah saya juga kena," katanya.

Sementara itu Ketua RW 07 Kelurahan Tugu Selatan Suaib menambahkan, ada 30 rumah yang rusak akibat musibah ini dimana 15 di antaranya mengalami kerusakan parah.

Baca juga: Alternatif Pelayanan Pembuatan Paspor, Airin Rachmi Diany Resmi Buka ULP

"Kurang lebih 30-an rumah yang memang perlu perhatian khusus," ungkap Suaib.

Kerusakan paling parah menimpa rumah-rumah warga yang menjadi pusat terjangan angin puting beliung. Menurutnya, kerusakan terparah ada di wilayah RT 17, RT 18, dan RT 19.

"Ini karena anginnya dari arah timur ke utara, jadi tidak keseluruhan RT terkena. Hanya ada tujuh RT yang terkena musibah ini," kata Suaib. (jhs)

Caption:
Foto atap rumah warga rusak terkena terjangan angin puting beliung di RW 07 Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Selasa (20/10/2020).

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved