Breaking News:

Lindungi Ekosistem Laut, Pertamina Tanam Terumbu Karang Carita

Kegiatan CSR ini menggandeng Kelompok Konservasi Alam Bawah Laut Sukarame untuk menjaga keberlangsungan ekosistem laut di wilayah tersebut.

Dok. Pertamina MOR III
Secara simbolis, transplantasi terumbu karang dan kerajinan kerang dilakukan oleh Fuel Terminal Manager Tanjung Gerem Ade Sepriadi, bersama Ketua Kelompok Konservasi Alam Bawah Laut Sukarame Arip. 

WARTAKOTALIVE.COM, PANDEGLANG — Matahari bersinar terik di Pantai Ketapang, Kecamatan Carita, Pandeglang. Namun tak menyurutkan semangat masyarakat Desa Sukarame untuk turun ke pantai.

Bukan tanpa tujuan, masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Konservasi Alam Bawah Laut Sukarame, bergerak bersama PT Pertamina (Persero) melakukan transplantasi terumbu karang di Pantai Katapang, Carita.

Aktivitas transplantasi terumbu karang diinisiasi Pertamina melalui Fuel Terminal Tanjung Gerem, Marketing Operation Region (MOR) III, Rabu (21/10/2020).

Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) ini turut menggandeng Kelompok Konservasi Alam Bawah Laut Sukarame, untuk menjaga keberlangsungan ekosistem laut di wilayah tersebut.

Secara simbolis, transplantasi terumbu karang dan kerajinan kerang dilakukan oleh Fuel Terminal Manager Tanjung Gerem Ade Sepriadi, bersama Ketua Kelompok Konservasi Alam Bawah Laut Sukarame Arip.

Selain transplantasi terumbu karang, kerja sama juga dilakukan dalam mengembangkan usaha kerajinan dari kerang. Kerang ini nantinya akan dijual sebagai souvenir, dan dapat menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat.
Selain transplantasi terumbu karang, kerja sama juga dilakukan dalam mengembangkan usaha kerajinan dari kerang. Kerang ini nantinya akan dijual sebagai souvenir, dan dapat menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat. (Dok. Pertamina MOR III)

Kegiatan ini juga turut dihadiri perwakilan Dinas Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Serang, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pariwisata dan Dinas Kesehatan, serta Muspika setempat.

“Terumbu karang memiliki fungsi penting dalam ekosistem laut. Transplantasi ini merupakan upaya kami untuk mendukung percepatan konservasi sekaligus melindungi ekosistem laut, terutama paska tsunami beberapa tahun lalu yang turut berimbas pada keberlangsungan terumbu karang,” kata Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III Eko Kristiawan.

Dia berharap, terpeliharanya terumbu karang di Pantai Ketapang, Kampung Sanghiyang, Desa Sukarame, Kecamatan Carita ini juga dapat menjadi objek wisata bawah air, sekaligus wisata edukasi bagi wisatawan.

Senada dengan itu, Ketua Kelompok Konservasi Arip mengungkapkan apresiasinya kepada Pertamina. Transplantasi akan mendukung upaya rehabilitasi terumbu karang yang sedang dilaksanakannya. "Sinergi antara badan usaha Pertamina dengan kami dari masyarakat mencerminkan semangat kebersamaan untuk memperbaiki ekosistem alam. Kami berterima kasih atas keterlibatan Pertamina disini," jelas Arip.

Selain transplantasi terumbu karang, Eko menambahkan, kerjasama juga dilakukan dalam mengembangkan usaha kerajinan dari kerang.

Kerang ini nantinya akan dijual sebagai souvenir, dan dapat menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat.

“Kami berharap, program ini dapat dimanfaatkan tak hanya untuk melindungi biota laut. Juga untuk memajukan ekonomi masyarakat sekitar Pantai Ketapang,” kata Eko. (*)

Editor: Ichwan Chasani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved