Breaking News:

Berita Depok

BPS Kota Depok Terjunkan 1.321 Petugas untuk Sensus Penduduk secara Door to Door

Ribuan petugas tersebut disebar untuk melakukan pendataan sensus penduduk secara tatap muka atau door to door ke rumah warga mulai 1 September lalu.

Wartakotalive.com/Vini Rizki Amelia
Seorang petugas sensus tengah mendata rumah salah seorang warga Depok, Jumat (11/9/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Depok menerjumkan 1.321 petugas guna menyukseskan sensus penduduk tahun 2020.

Ribuan petugas tersebut disebar untuk melakukan pendataan sensus penduduk secara tatap muka atau door to door ke rumah warga mulai 1 September lalu.

Penanggung Jawab Teknis Sensus Penduduk 2020 Kota Depok Hilmiah mengatakan, sensus penduduk ini merupakan kelanjutan dari metode pengisian online yang telah dilaksanakan pada 15 April - 29 Mei 2020.

Pendataan kali ini menyasar seluruh wilayah di Kota Depok.

"Petugas kami tersebar di 11 kecamatan dan 63 kelurahan se-Kota Depok untuk melakukan pengumpulan data pasti penduduk di kota ini," papar Hilmiah dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/9/2020).

Di tengaj pandemi Covid-19 ini, Hilmiah mengatakan para petugas yang diterjunkan dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD).

APD tersebut antara lain menggunakan pelindung wajah (Face Shield), masker, hand sanitizer, dan sarung tangan.

Penerapan protokol kesehatan itu sudah tentu sebagai langkah mencegah penyebaran Covid-19 dan juga demi menyukseskan sensus penduduk 2020.

"Mereka juga menggunakan rompi bertuliskan petugas sensus dan dipastikan dalam kondisi sehat karena telah melalui tahapan rapid test," katanya.

Laga Uji Coba Persib Bandung Kontra Bhayangkara FC Akhir Pekan Ini Batal Digelar

Sindikat Pemalsu KTP Elektronik di Jakarta Utara Raup Ratusan Juta Rupiah dalam 2 Tahun

Hilmiah mengatakan, tujuan sensus penduduk tahun ini adalah untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk menuju satu data kependudukan Indonesia.

Nantinya, kata Hilmiah, Data ini akan menjadi acuan pemerintah dalam membuat proyeksi Rencana Pembangunan Jangka Panjang.

"Kami berharap seluruh masyarakat Depok bersama-sama membantu kami menjalani program Sensus Penduduk 2020," ujar Hilmiah.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved