Jurnalis Arab Saudi Hilang

5 Hukuman Mati Dibatalkan, Tunangan Jamal Khashoggi: Siapa Bertanggung Jawab? Di Mana Jenazahnya?

"Lima dari terpidana dijatuhi hukuman 20 tahun penjara dan tiga lainnya dipenjara 7-10 tahun..."

twitter
Hatice Cengiz saat bersama tunangannya, Jamal Khashoggi semasa hidup. Senin (7/9/2020), pengadilan Arab Saudi membatalkan hukuman mati terhadap 5 pembunuh sang jurnalis. 

"Siapa yang merencanakannya, siapa yang memerintahkannya, di mana jenazahnya? Ini adalah pertanyaan paling penting yang sama sekali tidak terjawab..." 

WARTAKOTALIVE.COM, ISTANBUL - Keputusan pengadilan Arab Saudi yang membatalkan lima hukuman mati bagi pelaku pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi adalah sebuah lelucon.

Demikian dikatakan Hatice Cengiz, tunangan Jamal Khashoggi, menanggapi keputusan pengadilan terhadap pembunuh calon suaminya itu.

Dalam putusan terakhirnya, pengadilan menjatuhkan vonis hukuman penjara 7-20 tahun kepada 8 terdakwa pembunuhan itu.

"Lima dari terpidana dijatuhi hukuman 20 tahun penjara dan tiga lainnya dipenjara 7-10 tahun," kata media pemerintah Saudi Press Agency (SPA) mengutip juru bicara jaksa penuntut umum.

UPDATE Dengan Alasan Keluarga Mengampuni, 5 Pembunuh Jurnalis Jamal Khashoggi Batal Dihukum Mati

UPDATE Pembunuhan Jamal Khashoggi, Pelapor Khusus PBB: Putra Mahkota Pangeran MBS Tersangka Utama

"Putusan yang dijatuhkan hari ini di Arab Saudi sekali lagi adalah ejekan terhadap keadilan," tulis Hatice Cengiz di Twitter.

"Komunitas internasional tidak akan menerima lelucon ini," lanjut wanita asal Turki itu.

Diberitakan AFP, keputusan pengadilan Arab Saudi dijatuhkan setelah putra Khashoggi pada Mei mengumumkan, keluarga telah "mengampuni" para pembunuh.

Ampunan itu membuka jalan bagi hukuman yang lebih ringan, dalam kasus yang menodai citra Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) ini.

Tak satu pun dari terdakwa yang disebut namanya dalam putusan final pengadilan itu.

Kecewa 5 Pembunuh Jamal Khashoggi Batal Dihukum Mati, Turki: Siapa yang Ingin Dia Mati?

Siapa bertanggung jawab?

"Pihak berwenang Saudi menutup kasus ini tanpa dunia mengetahui kebenaran siapa yang bertanggung jawab atas pembunuhan Jamal," kecam Cengiz dalam pernyataan yang diunggah ke Twitter.

"Siapa yang merencanakannya, siapa yang memerintahkannya, di mana jenazahnya? Ini adalah pertanyaan paling penting yang sama sekali tidak terjawab," tulisnya.

Khashoggi (59) adalah orang dalam kerajaan Arab Saudi yang menjadi kritikus Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi dan menulis untuk The Washington Post.

Ia dibunuh di dalam konsulat Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober 2018.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved