Breaking News:

Advertorial

Tehnik ERAS – ERACS Percepat Masa Perawatan dan Penyembuhan Pascaoperasi

Tehnik ERAS lebih dikenal untuk bedah secara umum, sementara di bidang obstetry dikenal dengan nama ERACS (Enhanced Recovery After Cesarean Surgery).

istimewa
RS EMC Tangerang. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Enhanced Recovery After Surgery (ERAS) merupakan tehnik operasi yang dikembangkan untuk mempercepat perawatan dan juga mempercepat penyembuhan pasien.

Di negara-negara maju seperti Amerika dan Jepang, lama perawatan pasca operasi menjadi isu yang sangat diperhatikan, mereka berupaya untuk memperpendek lama perawatan dan penyembuhan pasien pasca operasi.

Tehnik ERAS ini lebih dikenal untuk bedah secara umum, sementara di bidang obstetry lebih dikenal dengan nama ERACS (Enhanced Recovery After Cesarean Surgery).

Tehnik ini dinilai efisien dalam dunia medis, terutama bagi proses penyembuhan pasien pascaoperasi,  sehingga memungkinkan lama perawatan di rumah sakit tidak lebih dari 24 jam.

Saat ini di Indonesia tehnik ini juga sudah mulai dilakukan, seperti di RS EMC Tangerang pada Departemen Obstetri dan Ginekologi.

dr. Kondang Usodo Sp.OG dari RS EMC Tangerang.
dr. Kondang Usodo Sp.OG dari RS EMC Tangerang. (istimewa)

Dengan modalitas yang cukup, RS EMC Tangerang  telah melakukan terobosan untuk mengembangkan tehnik yang diberi nama Enhanced Recovery After Cesarean and Gynaecology Surgery (ERACGS).

“Pengembangan tehnik ERACGS ini diperlukan kerja sama yang kuat interdisipliner, baik itu Dokter Operator, Dokter Anestesi, Dokter Anak, Dokter gizi dan keperawatan yang dilakukan pada saat  pre operasi, intra operasi maupun pasca operasi,” ungkap dr. Kondang Usodo Sp.OG dari RS EMC Tangerang, dalam pernyataan resminya, Sabtu (29/8/2020).

Menurutnya, dokter operator berperan dalam penegakan diagnostik, menilai tingkat kelayakan operasi, menentukan juga tingkat kesulitan yang akan dihadapi di ruang operasi, tehnik pemilihan pendekatan operasi, modalitas alat yang akan digunakan, dan lebar incisi jika dilakukan metode open surgery.

Sayatan kecil

Menerangkan lebih jauh, dr. Kondang Usodo Sp.OG  menjelaskan bahwa dengan tehnik ERAS atau ERACS sayatan dilakukan dengan pisau berketajaman khusus dan ukuran kecil. Prosesnya dilakukan dengan sekali sayatan sampai di fascia, sehingga  kerusakan jaringan bisa minimal.

Halaman
123
Editor: Ichwan Chasani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved