Breaking News:

Berita Internasional

Ribuan Pesawat Jet Penumpang Diparkir Entah Sampai Kapan

sebanyak 35 persen dari sekitar 26.000 pesawat jet penumpang di seluruh dunia tak dioperasikan alias grounded sampai dengan 31 Juli 2020

cgtn.com
Perusahaan penerbangan terpaksa memarkir pesawatnya karena pandemi corona 

Wartakotalive, Jakarta - Ribuan pesawat penumpang berukuran besar sudah diparkir berbulan-bulan di sejumlah bandar udara besar di seluruh dunia, akibat pandemi corona yang juga menghantam industri penerbangan dunia.

Bandara International Soekarno-Hatta tercatat menjadi tempat parkir terbesar di antara bandara internasional di Asia.

Berdasarkan catatan dari perusahaan data penerbangan Cirium, yang dikutip scmp.com, Minggu, 2 Agustus 2020, Bandara Soekarno-Hatta per Juli lalu menjadi tempat parkir bagi 141 pesawat jet penumpang.

Cirium memaparkan 10 bandara di dunia yang paling banyak menampung pesawat yang terpaksa tak beroperasi.

Dalam daftar tersebut, Bandara Soekarno-Hatta berada di urutan kelima terbanyak menampung pesawat grounded, dari berbagai perusahaan penerbangan di Indonesia.

Bandara International Hong Kong berada di urutan keenam (131 pesawat), dan urutan kesembilan Bandara Changi Singapura (124 pesawat).

Dua bandara internasional tersebut juga menampung pesawat dari beberapa perusahaan penerbangan Amerika Serikat.

Pesawat jet penumpang berjajar parkir di Bandara Hong Kong
Pesawat jet penumpang berjajar parkir di Bandara Hong Kong (scmp.com)

Berdasarkan data Cirium, hanya tiga bandara di Asia tersebut yang masuk dalam 10 besar, dan Bandara Soekarno-Hatta berada di urutan teratas.

Sedangkan puncak dari urutan 10 besar diduduki Roswell International Air Centre di New Mexico (AS) dengan 374 pesawat, urutan kedua dan ketiga adalah Marana Pinal Airpark di Arizona (AS) dengan 285 pesawat, dan Victorville Southern California Logistics Airport (AS), dengan 219 pesawat.

Tucson International Airport, juga di AS, berada di urutan ketujuh (128 pesawat), sedangkan urutan kedelapan diduduki OR Tambo International Airport di Johannesburg, Afrika Selatan (126 pesawat).

Halaman
12
Penulis: Bambang Putranto
Editor: Bambang Putranto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved