Breaking News:

Idul Adha

Jamin Kesehatan, Sudin KPKP Jaktim Kerahkan Ratusan Petugas Inspeksi Hewan Sebelum Dikurbankan

Sudin KPKP Jakarta Timur Kerahkan 200 Petugas Periksa Hewan Kurban Sebelum Dipotong. Ada 20 Orang yang Akan Periksa Hewan Kurban di Setiap Kecamatan

Warta Kota/Rangga Baskoro
Pemantauan kesehatan hewan kurban oleh Sudin KPKP Jakarta Timur, Senin (20/7/2020). Sudin KPKP Jakarta Timur menyarankan warga untuk membeli hewan kurban melalui daring atau online sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19. 

WARTAKOTALIVE.COM, CAKUNG - Sebanyak 200 petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur dikerahkan untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban sebelum dipotong.

Hal ini dilakukan Sudin KPKP Jakarta Timur untuk memastikan jika hewan kurban yang akan dipotong tersebut dalam kondisi sehat dan layak.

"Jadi kita ingin memastikan hewan yang disembelih layak dan aman untuk di konsumsi," kata Kasi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Timur, Irma Budiany pada Jumat (31/7/2020).

Dikatakan Irma, 200 petugas gabungan itu berasal dari unsur Satpel Kecamatan, Suku Dinas, hingga Dinas KPKP.

Idul Adha 1441 Hijriah, Bogasari Jakarta Salurkan Puluhan Hewan Kurban ke Warga Sekitar Pabrik

Bahkan petugas gabungan ini juga melibatkan Kementerian Pertanian dan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) DKI Jakarta.

Nantinya, petugas gabungan itu disiapkan itu disebar ke lokasi penyembelihan hewan kurban di 10 kecamatan yang ada di Jakarta Timur.

Sehingga ada sebanyak 20 orang petugas yang akan memeriksa hewan kurban di setiap kecamatan.

Remaja Asal Tangerang Peretas Situs Nasa Jadi Korban Pengeroyokan, Polisi Masih Buru Para Pelakunya

Kliennya Dipojokkan, Pengacara Djoko Candra Anita Kolopaking : Ada Kezaliman by Order Kekuasaan

"Nanti petugas akan memeriksa hewan kurban yang sebelum disembelih dan setelah disembelih untuk memeriksa daging kurban," katanya.

Irma menambahkan, jumlah tempat penampungan dan pemotongan hewan kurban di di Jakarta Timur saat ini berkurang sekitar 20-30 persen karena pandemi Covid-19.

Pasalnya, tahun lalu jumlah penampungan hewan kurban ada 543 lokasi dan tempat pemotongan hewan kurbannya sebanyak 320 lokasi.

Update Kasus Virus Corona Secapa AD, Ada Sebanyak 99 Personel Kembali Dinyatakan Negatif Covid-19

"Dan tahun ini tempat penampungan hewan hanya 358 dan tempat pemotongan sebanyak 215," ujarnya.

Meski begitu, Irma juga mengimbau ke masyarakat yang menyiapkan tempat pemotongan hewan kurban dan sempat didatangi petugas, agar tetap menjalankan protokol kesehatan selama melakukan prosesi penyembelihan hewan kurban. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved