Breaking News:

Virus Corona

Update Virus Corona Jakarta, 356.529 Warga Ikuti Swab Tes Covid-19

Update Virus Corona, 356.529 Warga Jakarta Ikuti Swab Tes Covid-19. Simak selengkapnya di dalam berita ini.

Warta kota/Desy Selviany
Salah satu pedagang jalani tes swab di Pasar Kemiri, Kembangan Utara, Kembangan, Jakarta Barat, Rabu (17/6/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta mencatat ada 356.529 orang di ibu kota yang secara kumulatif mengikuti swab test Covid-19 memakai alat polymerase chain reaction (PCR).

Pengecekan yang dilakukan sampai Selasa (7/7/2020) ini dianggap lebih akurat karena sampel swab diambil dari hidung dan tenggorokan.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, pelaksanaan tes PCR per Selasa (7/7/2020) kemarin ada 3.768 orang.

“Rinciannya, sebanyak 3.202 orang mengikuti tes untuk menegakkan diagnosis kasus baru, dengan hasil 308 orang positif dan 2.849 orang negatif,” kata Widyastuti berdasarkan keterangan yang diterima pada Rabu (8/7/2020).

Manaker Sebut Ada Jutaan Pekerja Formal dan Informal Terdampak Covid-19

Menurutnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berupaya meningkatkan kapasitas pemeriksaan metode RT-PCR. Di antaranya membangun Laboratorium Satelit Covid-19, berlokasi di sebagian lahan RSUD Pasar Minggu sejak 9 April 2020, dan membangun jejaring dengan 41 laboratorium pemeriksa Covid-19.

Sementara itu, jumlah warga Jakarta yang mengikuti rapid test atau tes cepat Covid-19 ada 256.603 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 8.947 orang atau 3,5 persen dinyatakan reaktif Covid-19, sedangkan 247.656 orang dinyatakan non-reaktif.

Pemeriksaan masif secara selektif terus dilakukan di daerah kelurahan terpilih yang dikaji secara epidemiologis dan berdasarkan kepadatan penduduk. “Ada 58 kelurahan lebih terpilih yang dilakukan rapid test tersebut. Sasaran ditujukan kepada warga lansia, warga dengan kasus penyakit tertentu, dan juga pada ibu hamil,” ujarnya.

Bagi orang yang hasilnya dinyatakan reaktif Covid-19, petugas akan membawanya ke rumah sakit rujukan Covid-19 untuk pengecekan lebih lanjut dengan swab tes. Melalui pengecekan PCR, petugas dapat memastikan keberadaan virus Covid-19 yang bersarang di hidung maupun tenggorokan seseorang.

Bidik Anak Muda yang Update, OPPO Reno4 Akan Meluncur di Tanah Air, Ini Bocoran Keunggulannya

Sedangkan rapid test, hanya melakukan pengetesan keberadaan antibodi terhadap serangan kuman di dalam tubuh. Bila seseorang terkena serangan kuman, antibodi akan bereaksi sehingga hasilnya akan positif. Begitu juga sebaliknya, bila tidak terkena serangan kuman, antibodi tidak akan bereaksi sehingga hasilnya negatif.

“Rapid test juga dilakukan di Pusat Pelayanan Kesehatan Pegawai (PPKP),” katanya.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved