Breaking News:

Pendidikan

Viral Video Yudisium Online Pakai Baju Adat Dilakukan Universitas Muhammadiyah Malang

Acara yudisium tersebut digelar oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

IG: ummcampus
Viral wisuda online Universitas Muhammadiyah Malang pakai baju adat daerah masing-masing 

WARTAKOTALIE.COM, MALANG - Viral video yang memperlihatkan mahasiswa dan orangtuanya berpakaian adat saat gelaran yudisium di satu kampus ternama di Jawa Timur menjadi bahan perbicangan warganet.

Berdasarkan penelusuran Tribunnews, acara yudisium tersebut digelar oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Dekan FKIP, Dr. Poncojari Wahyono, M.Kes dalam keterangan tertulisnya mengatakan, yudisium periode II tahun 2020 berlangsung pada Rabu (1/7/20/2020) kemarin secara virtual melalui platform Zoom.

Yudisium merupakan proses akdemik yang menyangkut penerapan nilai dan mahasiswa dari seluruh proses akademik.

Wisuda Taruna Akademi Kepolisian Batalyon Adnyana Yuddhaga Tahun 2020, Ini 5 Lulusan Terbaiknya

Yudisium juga berarti adalah pengumuman nilai akhir dari seluruh mata kuliah yang telah diprogramkan dan penetapan nilai akhir tersebut akan dibacakan oleh dosen/pejabat yang bersangkutan saat kegiatan yudisium mahasiswa yang tersebut.

Menurut asal katanya, Yudisium berasal dari bahasa Latin yang disebut “Judicium” yang kemudian diserap dalam bahasa Inggris menjadi “Judgmen”.

Sehingga, Yudisium dapat diartikan sebagai suatu keputusan di mana seorang mahasiswa itu dinyatakan telah memenuhi syarat dari berbagai macam persyaratan.

Universitas Binus Telah Produksi 20 Robot Nayakalara dan Bakal Didonasikan

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, yudisium adalah penentuan nilai (lulus) suatu ujian sarjana lengkap (di perguruan tinggi).

Poncojari kemudian membeberkan alasan pihaknya meminta 166 calon wisudawan/wisudawati mengenakan baju adat masing-masing daerah.

"Tujuannya adalah untuk memupuk semangat kebangsaan di tengah wabah."

Halaman
1234
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved