Breaking News:

PPDB

Jarak Rumah-Sekolah Hanya 70 Meter tapi Tetap Gagal PPDB, Disdik DKI Bikin Jalur Zonasi Bina RW

Meski rumahnya hanya berjarak 70 meter dari sekolah, anak Rahma tetap gagal PPDB jalur zonasi di DKI Jakarta. Disdik DKI membuat jalur zonasi bina RW

Warta Kota/Nur Ichsan
Rahma Aulia yang anaknya gagal dalam PPDB DKI Jakarta 2020 

Rahma (38) geleng-geleng kepala setelah mengetahui anaknya gagal dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur zonasi di SMAN 62 Jakarta. Padahal jarak rumahnya dengan sekolah itu sangat dekat.

"Jarak sekolah dari rumah hanya 70 meter, tapi enggak lolos," kata warga Kelurahan Kramat Jati, Jakarta Timur, itu saat ditemui di kediamannya, Selasa (30/6).

Masalahnya ada pada usia atau umur sang anak. Kemarin, anak dari Rahma berusia 15 tahun 5 bulan 22 hari.

VIDEO: Begini Suasana di Pokso PPDB Jakarta Barat II, Banyak Orangtua Mengeluh

Anak tak Lolos Seleksi PPDB Jatuh Sakit, Ini Penyebab Anak Tidak Diterima di SMPN 15 Kota Tangerang

Ia pun telah mencoba mendaftar ke 10 SMAN lainnya yang tergolong sebagai zonasi sekolah sebelumnya, seperti SMAN 9, 51, 62, 42 dan 104. Namun tak satu pun dari pilihan tersebut yang lolos.

"Di lingkup zonasi sudah nyoba juga, tapi enggak lolos juga karena lebih banyak anak-anak yang umurnya di atas anak saya. Padahal anak saya ini 15 tahun 5 bulan," ucap Rahma.

Rahma mengaku telah melakukan pengecekan terhadap sistem data siswa yang telah lolos PPDB di Kelurahan Kramat Jati.

Berdasarkan penelusurannya, usia terendah yang lolos seleksi adalah 15 tahun 6 bulan, sedangkan yang tertinggi 18 tahun.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Astuti (39). Warga Kelurahan Batu Ampar itu amat kecewa lantaran anaknya tak lolos seleksi sekolah yang jaraknya hanya 500 meter dari rumah.

"Enggak lolos karena faktor umur. Putra saya umurnya 14 tahun 11 bulan, tapi di Kelurahan Batu Ampar usia termuda itu 15 tahun 8 bulan, tertua 20 tahun," keluh Astuti.

Mereka berharap agar pemerintah bisa membuat seleksi PPDB tahap dua agar anak-anak yang tak lolos seleksi karena faktor usia masih bisa ditampung di sekolah negeri pilihannya yang jaraknya dekat dari rumah.

Halaman
12
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Yupratomo DP
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved