Breaking News:

Gaya Hidup

Setahun Candi Darling, Gandeng 1.200 Mahasiswa untuk Menanam 11 Ribu Bibit Pohon di Kawasan Sejarah

Dalam kurun waktu satu tahun, program Candi Darling berhasil menggandeng lebih dari 1.200 mahasiswa yang terdaftar di 238 kampus di Indonesia.

Dokumentasi Bakti Lingkungan Djarum Foundation
Darling Squad yang terdiri dari mahasiswa menanam bibit pohon di Kompleks Candi Gedong Songo, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (5/3/2020) sore. Melalui program Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling), sebanyak 868 bibit pohon dan semak ditanam di berbagai titik yang tersebar di Kompleks Candi Gedong Songo. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) meluncurkan program Candi Sadar Lingkungan (Candi Darling) yang digagas Bakti Lingkungan Djarum Foundation pada Juni 2019.

Di usianya yang kini menginjak satu tahun, Candi Darling telah sukses menginspirasi generasi muda untuk bergabung dalam Darling Squad.

Darling Squad telah melakukan penanaman di empat kawasan candi dan situs bersejarah di tiga provinsi yakni Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Salah satu pohon setelah satu tahun ditanam saat kegiatan Candi Darling di kawasan Candi Bubrah, Kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu (27/6/2020).
Salah satu pohon setelah satu tahun ditanam saat kegiatan Candi Darling di kawasan Candi Bubrah, Kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu (27/6/2020). (Dokumentasi Bakti Lingkungan Djarum Foundation)

Candi yang ditanami bibit pohon ialah Candi Prambanan, Benteng Van Den Bosch, Situs Ratu Boko dan Candi Ijo, Taman Wisata Alam Kawah Ijen dan Kompleks Candi Gedongsongo.

Dalam kurun waktu itu pula, Candi Darling berhasil menggandeng lebih dari 1.200 mahasiswa yang terdaftar di 238 kampus di Indonesia.

Di masa pandemi Covid-19, Siap Darling tetap berlanjut dengan menyelenggarakan Darling from Home.

Program Siap Darling Tanam Bibit Pohon Cemara Gunung di Kawasan Pegunungan Ijen yang Terbakar

Gerakan Siap Darling Tanam 2.350 Bibit Pohon Untuk Menghijaukan Kawasan Candi Boko dan Candi Ijo

Darling from Home adalah edukasi bagi generasi muda untuk tetap merawat dan menjaga lingkungan melalui virtual workshop dan talkshow daring.

Tidak hanya itu, peringatan satu tahun lahirnya Candi Darling juga dilakukan secara virtual mengikuti anjuran pemerintah tentang physical distancing dan menghindari kerumunan orang di satu tempat.

Mutiara Asmara, Communication Director Djarum Foundation, mengatakan, kegiatan Darling from Home adalah salah satu inovasi Siap Darling di masa pandemi Covid-19.

Darling from Home adalah edukasi bagi generasi muda untuk tetap merawat dan menjaga lingkungan melalui virtual workshop dan talkshow daring selama masa pandemi Covid-19. Selama satu tahun berjalan, Candi Darling berhasil mengajak total lebih dari 1.200 mahasiswa dari 238 perguruan tinggi untuk bersama menanam di berbagai situs sejarah dan budaya, diantaranya Candi Prambanan, Candi Ijo, Candi Ratu Boko, Candi Gedong Songo, Benteng Van der Bosch, dan Konservasi Gunung Ijen.
Darling from Home adalah edukasi bagi generasi muda untuk tetap merawat dan menjaga lingkungan melalui virtual workshop dan talkshow daring selama masa pandemi Covid-19. Selama satu tahun berjalan, Candi Darling berhasil mengajak total lebih dari 1.200 mahasiswa dari 238 perguruan tinggi untuk bersama menanam di berbagai situs sejarah dan budaya, diantaranya Candi Prambanan, Candi Ijo, Candi Ratu Boko, Candi Gedong Songo, Benteng Van der Bosch, dan Konservasi Gunung Ijen. (Dokumentasi Bakti Lingkungan Djarum Foundation)

Darling from Home terus berupaya mendorong generasi muda untuk tetap peduli dan aktif terlibat dalam aksi nyata menjaga lingkungan tapi tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Halaman
1234
Penulis: Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved