Pendidikan

7 Poin Strategis Agar Lolos UTBK SBMPTN 2020  

Semua peserta UTBK SBMPTN 2020 harus memiliki kesiapan dan strategi agar bisa lolos.

Penulis: Mochammad Dipa | Editor: Ichwan Chasani
Warta Kota/Mochammad Dipa
Penulis soal-soal di Leson Grasindo (Leson.id), Yudhistira Adi Prasetya (kiri) dalam sesi diskusi virtual Persiapan Efektif UTBK SBMPTN 2020 yang diselenggarakan Warta Kota bersama platform edu-tech Leson.id secara live di akun instagram @wartakotalive.com, Sabtu (20/6/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Di tengah masa darurat pandemi Covid-19, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menetapkan hanya menggunakan satu jenis tes pada Ujian Tulis Berbasis Komputer dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2020.

Jika tahun sebelumnya di UTBK SBMPTN ada Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA), maka di UTBK SBMPTN 2020 hanya TPS saja.

Dalam TPS ini yang akan diukur adalah kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran  atau logika atau nalar, dan pemahaman umum, diluar kemampuan akademik.

Penulis soal-soal di Leson Grasindo (Leson.id), Yudhistira Adi Prasetya, mengatakan selama ini banyak calon mahasiswa yang menganggap bahwa materi soal dari TPS mirip dengan materi soal Ujian Nasional (UN).

Padahal, materi soal pada TPS sangat berbeda dengan UN. Jadi sebaiknya jangan dianggap sepele.

“Kalau UN tujuannya untuk evaluasi, sementara soal TPS sifatnya seleksi. Karena sifatnya seleksi kadang kita dapat menemukan hal-hal yang mungkin baru kita temuin di lembar soal itu (TPS), jadi memang butuh kesiapan khusus,” ungkap Yudhistira dalam sesi diskusi virtual Persiapan Efektif UTBK SBMPTN 2020 yang diselenggarakan Warta Kota bersama platform edu-tech Leson.id secara live di akun instagram @wartakotalive.com, Sabtu (20/6/2020).

Menurut Yudhistira, materi yang diujikan pada TPS tidak ada perbedaan untuk siswa SMA dari jurusan IPA atau IPS. Materi soal yang dibedakan hanya terjadi pada TPA.

“Untuk TPS tidak dibedakan, karena yang diukur kesiapan siswa secara mandiri untuk nantinya berada di perguruan tinggi. Jadi soal-soal yang ada di TPS tidak hanya kemampuan kognitif, tapi perpaduan tipe soal,” ujarnya.

Pada intinya, lanjut Yudhistira, semua peserta UTBK SBMPTN 2020 harus memiliki kesiapan dan strategi agar bisa lolos.

“Mustahil keberhasilan diraih tanpa perencanaan, jadi teman-teman harus merencanakan dan menyusun strategi sebelum ujiannya dimulai,” imbuhnya.

Tujuh poin startegis

Lalu bagaimana strategi yang diperlukan agar bisa lolos UTBK SBMPTN 2020? Yudhistira menyebutkan ada tujuh poin atau langkah strategis agar lolos menghadapi UTBK SBMPTN.

1. Mengerjakan soal UTBK SBMPTN tahun lalu

Tujuannya untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan diri. “Coba kerjakan soal-soal UTBK SBMPTN tahun lalu, sumbernya banyak bisa dari internet, buku-buku juga ada, nah itu bisa kita manfaatkan,” sebutnya.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved