Pilkada Serentak 2020

Megawati Dikabarkan Restui Gibran Maju di Pilkada Solo, Ini Kata Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PDIP

Gibran Rakabuming Raka dikabarkan telah mendapatkan restu dari Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri untuk maju sebagai calon Wali Kota Solo.

Editor: Yaspen Martinus
Tribunnews.com/Mafani Fidesya Hutauruk
Ketua DPP PDI-P, Bambang Wuryanto, sekaligus Ketua DPR RI, Puan Maharani. bersama tiga bakal calon kepala daerah Solo, Achmad Purnomo, Gibran Rakabuming dan Teguh Prakosa, Senin (10/2/2020). 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Jokowi, dikabarkan telah mendapatkan restu dari Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri untuk maju sebagai calon Wali Kota Solo.

Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto mengaku belum mengetahui adanya keputusan dari Megawati terkait sosok yang dimajukan dalam Pilkada Solo.

"Jadi keputusan secara tertulis belum selesai, kami belum menerima."

Apakah Indonesia Pakai Cara Herd Immunity untuk Atasi Covid-19? Ini Kata Jubir Jokowi

"Keputusan resmi belum diterbitkan," kata Bambang saat dihubungi di Jakarta, Jumat (19/6/2020).

Menghadapi Pilkada Solo, DPP PDIP telah memanggil tiga orang bakal calon, yaitu Achmad Purnomo, Teguh Prakoso, dan Gibran Rakabuming Raka pada 10 Februari 2020.

Mereka menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di DPP PDIP, Jakarta.

Staf Khusus: Presiden Yakin Majelis Hakim akan Memutus Perkara Novel Baswedan Seadil-adilnya

Namun, saat wabah Covid-19 mulai terjadi di berbagai daerah Indonesia, Achmad Purnomo mengundurkan diri sebagai bakal calon Wali Kota Solo.

Pengunduran diri Purnomo ternyata ditolak Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Solo, dan tetap diminta melanjutkan pencalonan bersama bakal calon wakil Wali Kota Solo Teguh Prakoso.

Pengunduran diri Purnomo juga direspons Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat, yang menilai kader partai tidak boleh menolak jika ditugaskan mengikuti pilkada.

Kritik Pemerintah Tangani Covid-19, Rizal Ramli: Serba Tanggung, Akhirnya Survival of The Fittest

"Pak Achmad Purnomo kan kader partai, siapa pun kader partai itu selalu siap untuk ditugaskan di mana pun atau tidak ditugaskan."

"Sebagai petugas partai, harus siap ditugaskan atau tidak ditugaskan," ujar Djarot saat dihubungi Tribunnews, Senin (8/6/2020).

Sebelumnya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan mengumumkan pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah Gelombang I pada Rabu (19/2/2020) pukul 14.00 WIB.

Warga Situbondo Klaim Temukan Obat Covid-19 dari Tempurung Kelapa, Pasien Bisa Sembuh dalam 3 Hari

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Megawati Sukarnoputri selaku Ketua Umum PDIP telah menetapkan para pasangan calonnya dalam rapat DPP yang digelar pada Senin (17/2/2020) lalu.

"Telah menetapkan 45 pasangan calon untuk 1 pasangan calon provinsi dan 47 pasangan calon kabupaten/kota."

 Tanggapi Survei Indo Barometer, Mahfud MD: Prabowo Memang Bagus

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved