Breaking News:

Berita Video

VIDEO: Kapolda Metro Jaya Sebut 24.439 Kendaraan Diminta Putar Balik Karena Tak Punya SIKM

"Sampai hari kedelapan sudah 24.439 kendaraan yang kita lakukan putar balik, di samping teguran-teguran.

Wartakotalive.com/Budi Sam Law Malau
Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI- Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengatakan selama delapan hari melakukan penyekatan kendaraan arus balik, yakni sejak 27 Mei sampai 3 Juni, pihaknya sudah memutar balik sebanyak 24.439 kendaraan karena penumpangya tidak memiliki surat izin keluar masuk (SIKM).

"Sampai hari kedelapan sudah 24.439 kendaraan yang kita lakukan putar balik, di samping teguran-teguran. Kita ketahui DKI Jakarta merupakan barometer Indonesia dan dalam hal ini sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 47 Tahun 2020. Bahwa setiap masyarakat yang masuk Jakarta harus mempunya surat izin keluar masuk," papar Nana usai mengunjungi Pos Penyekatan di Kedung Waringin, Cikarang, Kamis (4/6/2020).

Ia didampingi oleh Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono.

Hal ini kata Nana dalam rangka upaya mencegah timbulnya gelombang kedua penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Perlu diketahui Operasi Ketupat sudah selesai tanggal 30 Juni kemarin namun diperpanjang dengan kita melakukan kegiatan rutin yang ditingkatkan sampai tanggal 7 Juni nanti," katanya.

Karenanya tambah Nana penyekatan kendaraan arus balik akan terus dilakukan sampai 7 Juni nanti.

"Sampai saat ini kelanjutan ke depan kami masih menunggu apakah nanti selesai atau diperpanjang setelah tanggal 7 Juni nanti. Tapi kalau dilihat sampai saat ini PSBB diperpanjang ada berbagai kemungkinan yang akan kita putuskan terkait upaya-upaya pencegahan virus Corona," katanya.

Sebelumnya Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan  bahwa Ditlantas Polda Metro Jaya bersama Pemprov DKI menyiagakan petugasnya di 11 check point yang ditetapkan di wilayah perbatasan untuk memeriksa dan memperketat kendaraan yang akan masuk ke wilayah DKI Jakarta, atau kendaraan arus balik pemudik, mulai Selasa (26/5/2020).

Ke 11 check point atau tittik pemeriksaan itu dibuat di wilayah perbatasan dengan Jakarta, yang merupakan akses masuk utama kendaraan dari daerah ke Jakarta.

Yakni di wilayah Kabupaten Bogor (4 titik), Kabupaten Bekasi (4 titik), dan Kabupaten Tangerang (3 titik).

Halaman
1234
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved