Virus Corona

Kapolda Metro Sebut PSBB di DKI Berhasil Redam Penyebaran Covid-19, Siap Awasi PSBB Transisi

Polri dan TNI akan memastikan penerapan protokol kesehatan secara disiplin dengan melakukan pengawasan intensif, terutama di ruang publik.

Penulis: Budi Sam Law Malau | Editor: Murtopo
Wartakotalive.com/Budi Sam Law Malau
Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana bersama Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiyono, di Pos Penyekatan di Kedung Waringin, Cikarang, Kamis (4/6/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI --  Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengatakan selama 13 pekan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI terbilang cukup berhasil menekan penyebaran Covid-19.

Karenanya kata Nana, di masa PSBB transisi yang akan diterapkan di DKI sampai akhir Juni 2020 ini, ia meminta masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Sebab menurut Nana, Polri dan TNI akan memastikan penerapan protokol kesehatan secara disiplin dengan melakukan pengawasan intensif, terutama di ruang publik.

"Dalam hal ini TNI-Polri sesuai dengan instruksi Bapak Pesiden, adalah selaku garda yang dikedepankan dalam hal penegakkan disiplin untuk pencegahan Covid-19. Ini akan kami laksanakan seperti sebelumnya saat PSBB atau PSBB transisi," kata Nana di Pos Penyekatan Arus Balik, Cikarang, Kamis (4/6/2020).

Anies Perpanjang PSBB Jakarta, YLKI : Jakarta Belum Bisa Memasuki Kehidupan New Normal

Ia mengatakan PSBB di Jakarta, sudah memasuki minggu yang ke 13.

"Kita patut mensyukuri bahwa pelaksanaan PSBB di Jakarta dan sekitarnya dianggap berhasil. Hal ini dilihat dari grafik. Yang dari awal minggu pertama wilayah DKI ini penyebaran virus coronanya meningkat tajam, tetapi di minggu ke 10, ke 11, dan ke 12 melandai. Lalu Alhamdulillah saat ini minggu ke 13 sudah ada penurunan. Jadi ini merupakan hasil riset dari para ahli baik itu ahli kesehatan maupun ekonomi dan ahli lainnya," kata Nana.

Meski begitu kata Nana, bukan berati tugas semua pihak melawan corona selesai.

"Tugas kita masih banyak, dan faktanya masyarakat yang terkena positif masih banyak. Tapi keberhasilan ini petut dicatat juga. Ini keberhasilan bersama, kerja keras bersama dalam hal ini pemerintah pusat, daerah, TNI polri tokoh agama dan masyarakat itu sendiri," kata dia.

Bima Arya: Kota Bogor Belum Akan Memasuki Masa New Normal, Masih PSBB Proposional

Terkait PSBB di DKI yang diperpanjang sampai akhir Juni 2020 atau masuk masa transisi, pihaknya kata Nana, bersama TNI siap mendukungnya

"Jadi PSBB pada masa transisi. Nanti akan dievaluasi selama satu bulan apakah dengan masa transisi ini akan ada pelonggaran dari 11 kegiatan pengecualian," katanya.

DI masa PSBB transisi katanya ada bidang tertentu yang bisa melakukan aktifitas di samping 11 bidang sebelumnya.

"seperti peribadatan, dalam hal ini bagi umat muslim, nasrani, hindu budha, sudah boleh melakukan kegiatan tapi semuanya dengan batas 50 persen, demikian juga dengan beberapa perkantoran dan perindustrian," katanya.

Anies Tetapkan Pelonggaran PSBB, PT KCI Perpanjang Jam Operasional KRL hingga Pukul 20.00 WIB

"Selama ini keberhasilan dalam hal percepatan penangangan Covid-19 sangat tergantung masyarakatnya.
Karena saya yakin kalau masyarakat disiplin maka akan semakin menurun tingkat penularan penyebaran Corona di DKI dan sekitarnya," kata Nana.

Dalam hal pengawasan kata Nana pihaknya sudah melaksanakan rapat koordinasi dan terjun ke lapangan.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved