Breaking News:

Pola Pembelajaran Jarak Jauh Jadi Keharusan Saat Darurat Pandemi Covid-19 Maupun Saat New Normal

Leles memaparkan, pendidikan, saat ini merupakan salah satu sektor yang tak lepas dari hantaman pandemi Covid -19.

Penulis: Ign Agung Nugroho | Editor: Murtopo
istimewa
Sekjen Ikatan Alumni Universitas Terbuka (IKA UT), Drs. Leles Sudarmanto, M.M., M.B.A. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Bagi kalangan civitas akademika, alumni, dan, mahasiswa Universitas Terbuka (UT), pola pembelajaran jarak jauh bukanlah hal yang asing atau aneh.

Oleh sebab itu, dikaitkan pandemi Covid -19, menurut Sekjen Ikatan Alumni Universitas Terbuka (IKA UT), Drs. Leles Sudarmanto, M.M., M.B.A, bila dibandingkan dengan institusi yang lain, kegiatan pembelajaran di lingkungan UT relatif tidak mengalami turbulensi dan goncangan hebat.

Hal tersebut, sebagaimana yang dialami dalam proses pembelajaran di lembaga pendidikan lainnya.

Seperti, di tingkat perguruan tinggi, maupun tingkat SMA, SMP, SD, maupun pendidikan PAUD.

Leles mengatakan, pandemi Covid 19 yang sedang melanda Indonesia sekarang ini, telah menyadarkan kita, bahwa kita harus siap menghadapi segala macam kondisi yang menimpa kita.

Pemkot Depok Pastikan Kesiapan Mal Buka Mulai 5 Juni, Sekolah Tetap Belajar Online Hingga 15 Juni

"Tak bisa dipungkiri bahwa banyak diantara kita yang gagap atau belum siap menghadapi kondisi yang tak terduga ini," kata Leles saat acara Webinar (web seminar) Nasional bertajuk 'Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Sebagai Role Model Pembelajaran Utama di Era New Normal', Rabu (3/6/2020).

Leles memaparkan, pendidikan, saat ini merupakan salah satu sektor yang tak lepas dari hantaman pandemi Covid -19.

Oleh karena itu, jika tidak segera diantisipasi, akan meruntuhkan sendi-sendi proses pendidikan kita.

Usai Wacana Masuk Sekolah Awal 2021, Kini Muncul Usulan Tahun Ajaran Baru Digeser Jadi Januari 2021

Seperti diketahui bersama, bahwa pandemi covid telah memaksa kita untuk menjalankan proses pendidikan secara jarak jauh.

"Selama tiga bulan terakhir ini, mau tak mau memaksa guru dan murid untuk tidak bisa berinteraksi langsung di kelas. Proses pembelajarannya pun dilakukan dengan model pendidikan jarak jauh," katanya.

Meski demikian, lanjut Leles, jika kita mau melihat sisi positifnya, pandemi Covid 19 ini sebenarnya merupakan blessing indisgue alias sebuah hikmah tersembunyi.

Hasil Polling, Sebanyak 129.937 Ortu Siswa Tak Setuju Sekolah Dibuka di Tahun Ajaran Baru

"Karena pada akhirnya menyadarkan bahwa pola pembelajaran jarak jauh, merupakan sebuah keharusan pada saat darurat pandemi maupun masa new normal yang akan kita hadapi setelah ini," ujarnya.

Dia menambahkan, menyadari hal itu maka IKA UT dengan menggandeng Universitas Terbuka (UT) dan Perhimpunan Organisasi Alumni PTN (HIMPUNI) se-Indonesia, merasa terpanggil untuk berkontribusi aktif untuk memberikan solusi terhadap permasalahan bangsa.

"Forum webinar yang kita ikuti bersama ini semoga menjadi wahana kita untuk bersama-sama berdiskusi dan merumuskan pola pembelajaran jarak jauh yang dapat merupakan model baru bagi pembelajaran di semua jenjang pendidikan," kata Leles.(Ign Agung Nugroho)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved