Breaking News:

Virus Corona Jabodetabek

Pasar Sukatani Depok Kembali Dibuka Setelah Ditutup Dua Hari, Ditemukan Seorang Positif Covid-19

Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok akhirnya kembali membuka Pasar Sukatani.

Istimewa
Suasana Pasar Sukatani yang kembali dibuka untuk umum tampak masih lengang setelah dilakukan penutupan sementara dari 26-27 Mei 2020, Kamis (28/5/2020) 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Vini Rizki Amelia

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Setelah sempat ditutup selama dua hari yakni pada 26-27 Mei 2020, Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok akhirnya kembali membuka Pasar Sukatani.

Penutupan pasar tradisiona ini dikarenakan sebelumnya telah ditemukan satu orang yang positif terinfeksi Covid-19 usai mengikuti Rapid Test dan tes Swab beberapa waktu lalu yang dilakukan Pemkot Depok.

"Hari ini aktivitas di pasar kembali normal," kata Kepala UPT Pasar Sukatani Rusli Arif saat dihubungi wartawan, Kamis (28/5/2020).

Rusli mengatakan, penutupan sementara itu dilakukan untuk mensterilkan area pasar sebagai upaya menekan adanya penyebaran Covid-19 di pasar tersebut.

Sedangkan terhadap seorang yang telah dinyatakan positif Covid-19 itu, Rusli mengaku telah ditindak lanjuti oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

"Dua hari kemarin kami lakukan sterilisasi pasar untuk mengurangi kekhawatiran pengunjung dan pedagang di pasar. Alhamdulillah, sudah seperti biasa kembali," tutur Arif.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Depok, Zamrowi Hasan mengaku, pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh pasar tradisional yang dikelola pemerintah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. 

Penerapan protokol tersebut, kata Zamrowi, berlaku bagi pedagang maupun pengunjung sebelum masuk ke area pasar.

Zamrowi mengatakan, protokol kesehatan yang dimaksud antara lain penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh, dan juga mencuci tangan serta menggunakan hand sanitizer.

Hal tersebut dilakukan agar masyarakat yang berada di dalam area pasar tidak terpapar Covid-19.

"Setelah jam operasional berakhir, UPT pasar menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh area.

"Seperti di UPT Pasar Sukatani dilakukan setiap Senin dan Kamis," papar Zamrowi.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved