Otomotif

Mobil Mogok di Jalan Raya? Jangan Panik, Ini Langkah-langkah yang Harus Dilakukan

Ada beberapa langkah yang benar saat mobil mogok di tengah jalan. Ini kata Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana.

Warta Kota/adhy kelana
ILUSTRASI - mobil mogok 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kendaraan roda empat atau mobil alami mogok di jalan raya, pengendara tak perlu panik.

Ada beberapa langkah yang benar saat mobil mogok di tengah jalan, apa saja?

Mengenai langkah awal dilakukan saat mobil mogok, dijelaskan Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana.

Ia mengatakan, langkah awal yang benar adalah segera mendorong mobil ke pinggir atau bahu jalan.

Mobil Mogok Tetap Bisa Gunakan Bahu Jalan Tol Japek

VIDEO: Rekam Mobil Mogok, Wartawan NET Dihajar dan Diludahi

Jalan Jaksa Dekat Kantor Anies-Sandi Banjir, Motor dan Mobil Mogok

Jika kondisinya sedang berada di jalan tol, setelah meminggirkan mobil, hubungi nomor darurat tol tempat Anda berada untuk dilakukan penderekan.

"Jangan lupa untuk memasang segitiga pengaman, di samping nyalakan hazard lamp. Supaya pengendara lain lebih awas," kata Sony, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Terkait penggunaan bahu jalan, sebagaimana tertulis pada Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 Pasal 41 (2) berbunyi, "Penggunaan bahu jalan digunakan bagi arus lalu lintas dalam keadaan darurat, diperuntukkan bagi kendaraan yang berhenti darurat."

"Bahu jalan tidak digunakan untuk menarik/menderek/mendorong kendaraan, tidak digunakan untuk keperluan menaikkan atau menurunkan penumpang dan/atau barang dan/atau hewan serta tidak digunakan untuk mendahului kendaraan."

Sementara terkait aturan segitiga pengaman, tercantum pada Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 72 Tahun 1993 tentang Perlengkapan Kendaraan Bermotor, tepatnya di Pasal 12.

Halaman
1234
Editor: Panji Baskhara
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved