Breaking News:

Bahar Smith Bebas

Ternyata Habib Bahar Smith Bebas Terbantu Program Asimilasi, Berikut Penjelasan Kalapas Cibinong

Ini penjelasan soal mengapa Bahar bin Smith atau dikenal Habib Bahar dibebaskan dalam program asimilasi. Sebelumnya disebut memang waktunya bebas

Editor: Wito Karyono
istimewa
Foto Habib Bahar Smith saat Bebas dari Lapas Cibinong, Pakai Baret Merah Bintang 5. Bahar Smith atau Habib Bahar bebas karena program asimilasi. 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - Ini penjelasan soal mengapa Bahar bin Smith atau dikenal Habib Bahar dibebaskan dalam program asimilasi. 

Sebelumnya pengacara Bahar Smith Aziz Yanuar mengatakan kebebasan Bahar bukan karena asimilasi ataupun remisi.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cibinong Ardian Nova Christiawan membenarkan pembebasan Bahar bin Smith pada Sabtu (16/5/2020).

Habib Bahar bin Smith saat keluar dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pondok Ranjeg, Cibinong, didampingi pengacara dan keluarganya, Sabtu (16/5/2020) sekitar pukul 15.00 WIB
Habib Bahar bin Smith saat keluar dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pondok Ranjeg, Cibinong, didampingi pengacara dan keluarganya, Sabtu (16/5/2020) sekitar pukul 15.00 WIB (KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN)

Menurutnya, Bahar bebas sekitar pukul 15.30 WIB. Bahar didampingi kuasa hukumnya, Aziz Yanuar dan beberapa kolega.

Begini Penampilan Habib Bahar Saat Keluar dari Penjara, Pakai Topi Baret Merah Bintang Lima

Habib Bahar bin Smith Bebas dari Penjara dan Jalani Program Asimilasi

Pembebasan Bahar juga berdasarkan aturan Permenkumham Nomor 10 Tahun 2020 tentang Program Pembebasan Bersyarat Asimilasi Kementerian Hukum dan HAM terkait Covid-19.

"Iya benar (bebas) karena memang sudah waktunya (asimilasi) sesuai prosedur dan merujuk pada aturan Permenkumham Nomor 10 tahun 2020," kata Ardian ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu.

 Ardian menyebut, Bahar juga tak melakukan pelanggaran selama berada di tahanan.

HASIL Lengkap Bundesliga, Haaland Pencetak Gol Pertama, Dortmund Tempel Muenchen di Puncak Klasemen

Pria yang divonis hukuman tiga tahun penjaran oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bandung pada 13 Juli 2019 itu dikenal taat aturan selama di lapas.

"Jadi bahwa dia selama di dalam pun tidak ada pelanggaran-pelanggaran termasuk warga binaan yang taat pada aturan selama di dalam bloknya," jelas Ardian dia.

Suasana penjemputan Bahar pun berlangsung sunyi. Tak ada keramaian yang berpotensi melanggar pembatasan sosial berskala besar.

BERITA FOTO: Beginilah Suasananya ketika Pusat Kota Jakarta Lengang

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved