Breaking News:

Virus Corona

Bantuan Sosial Terkait Dampak Covid-19 Berlanjut, Kali ini Astra Donasi 127.232 Paket Sembako

Astra melalui Nurani Astra menyalurkan bantuan tahap keempat berupa 127.232 paket bahan pokok sehari-sehari senilai Rp 25 miliar.

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Fred Mahatma TIS
Istimewa
Tim Nurani Astra melakukan pengepakan 127.232 paket bahan pokok sehari-hari senilai Rp 25 miliar. Paket bahan pokok siap didistribusikan kepada masyarakat tidak mampu dan pekerja nonformal di sekitar instalasi perusahaan-perusahaan Grup Astra yang tersebar di 34 provinsi se-Indonesia. 

Sasaran utama bantuan kali ini ialah masyarakat tidak mampu dan pekerja nonformal yang tinggal di sekitar instalasi perusahaan-perusahaan Grup Astra dengan perkiraan distribusi paket bantuan secara bertahap dari April hingga Juli 2020.

WARTAKOTALIVELCOM, JAKARTA - Astra melalui Nurani Astra menyalurkan bantuan tahap keempat berupa 127.232 paket bahan pokok sehari-sehari senilai Rp 25 miliar untuk meringankan dampak sosial akibat pandemi COVID-19.

Sebelumnya secara bertahap Astra telah menyerahkan bantuan tahap pertama, kedua, dan ketiga senilai Rp 106 miliar untuk mencegah penyebaran pandemi.

Dengan bantuan tahap keempat ini, maka total bantuan dari Astra mencapai Rp 131 miliar.

Astra Serahkan Bantuan Tahap Keempat Rp 25 Miliar Ringankan Dampak Sosial Akibat Covid-19

Astra Life Bayar Klaim Rp 1,5 Miliar dan Beri Santunan Rp 5 Juta bagi Nasabah Terindikasi Covid-19

Dukung Percepat Penanganan Covid-19, Astra Beri Donasi Perlengkapan Medis untuk RSCM Jakarta

Pada bantuan tahap keempat ini, tiap-tiap paket bahan pokok berisi beras, minyak goreng, kecap, gula, terigu, mi instan, dan susu bubuk senilai hingga Rp 200.000.

Sasaran utama bantuan kali ini ialah masyarakat tidak mampu dan pekerja nonformal yang tinggal di sekitar instalasi perusahaan-perusahaan Grup Astra dengan perkiraan distribusi paket bantuan secara bertahap dari April hingga Juli 2020.

“Perusahaan-perusahaan dari tujuh lini bisnis Astra, yakni Otomotif, Jasa Keuangan, Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi, dan Energi, Agribisnis, Infrastruktur dan Logistik, Teknologi Informasi serta Properti bersama-sama menyiapkan bantuan bahan pokok ini," ujar Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto, pada acara Virtual Press Conference di Kementerian Sosial, Jakarta, Jumat (8/5/2020).

"Semoga bantuan ini dapat meringankan dampak sosial bagi masyarakat,” imbuhnya.

Bantu Tangani Pasien Covid-19, Astra Serahkan 30 Ventilator untuk 3 Rumah Sakit di Jakarta

Covid-19 Tetap di Rumah Aja, PermataBank dan Astra Life Ajak Lindungi diri dengan E-Bancassurance

Semangat Kampung Berseri Astra Pulau Pramuka, Inspirasi Kurangi Sampah Plastik

Tak mungkin pemerintah jalan sendiri

Menteri Sosial Republik Indonesia Juliari P Batubara mengapresiasi kepedulian Astra untuk memerangi pandemi Covid-19.

"Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian nyata dunia usaha dalam mengatasi pandemi Covid-19. Astra Internasional telah membantu pemerintah  dalam situasi sulit saat ini," papar Juliari.

Dia menegaskan pemerintah tidak mungkin berjalan sendiri memghadapi situasi krisis ini. Karena itu, butuh kerja sama dari semua komponen bangsa.

Empat tahap

Sebelumnya, pada bantuan tahap awal, Astra telah menyerahkan bantuan berupa alat pencegahan penyebaran COVID-19 kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Selain itu juga kepada rumah sakit rujukan nasional dan daerah, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, serta donasi sebesar Rp40 miliar melalui suatu yayasan yang menampung dan mengelola bantuan dari grup-grup perusahaan di Indonesia.

Astra juga telah mendonasikan 100 unit Daihatsu Gran Max Pick Up dan 10 unit truk (lima unit Toyota Dyna dan lima unit Isuzu Elf NMR 71) kepada Palang Merah Indonesia.

Ada juga bantuan berupa alat pencegahan penyebaran COVID-19 kepada 21 Kampung Berseri Astra di Jabodetabek dan inisiatif Astra dalam menggerakkan beberapa penerima SATU Indonesia Awards di pelosok tanah air untuk turut membantu pencegahan penyebaran COVID-19 di wilayah masing-masing.

Pada bantuan tahap kedua, Astra menyerahkan donasi senilai Rp30 miliar secara bertahap kepada Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo Jakarta dan Rumah Sakit Penyakit Tropik Infeksi Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya guna mencegah penyebaran COVID-19.

Pada 27 April 2020, Astra secara resmi menyerahkan bantuan tahap ketiga berupa 30 ventilator kepada Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto (15 unit), Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet (10 unit), dan Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso (lima unit).

Gerakan #SemangatSalingBantu

Seiring dengan penyerahan bantuan tersebut, Astra juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu dalam Gerakan #SemangatSalingBantu yang diawali dengan gerakan menggunakan masker berbahan kain saat keluar rumah.

Melalui tagar #SemangatSalingBantu dan #KitaSATUIndonesia, Astra mengajak masyarakat untuk mengunggah satu foto pada akun Instagram feed pribadi dengan menggunakan masker berbahan kain yang akan dikonversikan menjadi satu masker berbahan kain dari hasil komunitas binaan Astra untuk kemudian didonasikan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Dari gerakan #SemangatSalingBantu dan #KitaSATUIndonesia pada 15-28 April 2020, diperoleh 4.349 posting di Instagram dan seluruhnya dikonversi menjadi 4.349 masker kain untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat.

Dukungan Astra dalam menangani COVID-19, meringankan dampak sosial bagi masyarakat, dan menggalang gerakan #SemangatSalingBantu sejalan dengan pilar kontribusi sosial berkelanjutan Astra dan cita-cita Astra untuk “sejahtera bersama bangsa”.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved