Bulan Suci Ramadan

Selalu Mengonsumsi Makanan Manis Saat Buka Puasa Bisa Bikin Ngantuk dan Berat Badan Naik

Saat berbuka puasa Ramadan hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan manis karena akan berpengaruh terhadap kesehatan dan bentuk tubuh.

Nova.Grid
Ilustrasi kolak pisang kurma untuk berbuka puasa. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG - Saat menjalankan ibadah puasa Bulan Suci Ramadan ada slogan yang kerap diucapkan, "berbukalah dengan yang manis."

Namun, tahukah Anda bahwa mengonsumsi makanan dan minuman manis saat berbuka puasa secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping.

Apalagi bagi seorang atlet yang rutin makan makanan manis saat berbuka puasa dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan tubuhnya.

Dokter tim PS Tira Persikabo, Septi Mandala mengatakan, saat berbuka puasa sebaiknya kadar gula yang dikonsumsi itu bersumber buah-buahan.

"Untuk minuman sebenarnya jangan yang terlalu manis, cukup ambil sumber gula dari buah-buahan," kata Septi Mandala, Sabtu (2/5/2020).

Cara Cerdik Menolak Makanan Manis

Peppermint & Makanan Manis, Trik Mudah Kontrol Nafsu Makan Berlebihan

Dr Septi Mandala
Dr Septi Mandala (Warta Kota/Yudistira Wanne)

"Ditakutkan jika terlalu banyak (makan makanan manis) akan menyebabkan cepat mengantuk dan bisa kegemukan juga," ujarnya lagi.

Septi Mandala menjelaskan bahwa setiap orang yang menjalankan ibadah puasa dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung air.

"Dalam puasa ini paling penting untuk tetap menjaga hidrasi (kecukupan air dalam tubuh), usahakan pilih menu makanan yang memiliki kandungan tinggi cairan seperti buah-buahan," katanya.

Hindari Makanan Manis Saat Sahur

Saat Ingin Ngemil Makanan Manis, Ini yang Sebenarnya Terjadi pada Tubuh

Sedangkan menyesap minuman es yang biasa dilakukan orang saat buka puasa, kata Septi tidak terlalu berdampak pada tubuh seseorang.

Namun, takaran minuman itu dalam jumlah wajar.

Halaman
12
Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved