Bulan Suci Ramadan

Apakah Menghirup Inhealer untuk Sakit dan Asap Rokok Bisa Membatalkan Puasa?

Sering orang bertanya jika sedang sakit asma atau pilek lalu butuh menghirup inhealer apakah ini bisa membatalkan puasa ramadan?

doktersehat
Inhealer untuk hidung tersumbat 

WARTAKOTALIVE.COM -- Beberapa hal masih sering dipertanyakan oleh sebagaian orang yang berkaitan dengan batalnya puasa, satu diantaranya mengenai menghirup inhealer atau  asap  rokok  ketika berpuasa.

Bagi orang yang sedang sakit flu atau pilek, inhealer sering digunakan untuk meredakan flu tersebut.

Namun masalahnya bagaimana jika orang yang menderita flu tersebut sedang berpuasa, haruskah tetap menggunakan inhealer untuk meredakan sakitnya?

Ketua Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Jawa Tengah, Wahid Ahmadi menjelaskan menghirup inhealar saat berpuasa karena flu atau inhealer untuk sakit asma tidaklah membatalkan puasa.

Inspirasi Menu Ramadan untuk Sahur dan Buka Puasa Selama 30 Hari, Dilengkapi Resepnya

Para ulama telah membahas hal ini dan menyatakan bahwa dalam kaitannya dengan inhealer ini, yang dihirup adalah berbentuk zatnya saja.

"Sudah banyak dibahas oleh ulama, jadi kalau kita hanya menghirup benda yang bentuknya zat saja, kayak uap misalnya ya, uap air, atau asap, itu masuk ke dalam mulut ke hidup tidak ada masalah," terangnya.

Inhealer untuk sakit asma
Inhealer untuk sakit asma (Youtube)

Ia mencontohkan kasus lain seperti ketika menghirup asap rokok.

Hati-hati Para Perokok Elektronik Anda Terancam Terserang Covid-19, Jadi Berhentilah Menggunakannya

Ketika ada orang yang merokok, saat berada di sebelahnya dan asap tersebut terhirup, maka hal itu juga tidak ada masalah.

"Ada orang merokok misalnya, kita di sebelahnya, kemudian asap rokoknya masuk ke rongga mulut kita atau hidung tidak ada masalah."

"Merokoknya enggak boleh, tapi kalau ada orang lain merokok dan kita (ikut) menghirup asapnya, engga ada masalah," jelasnya.

Halaman
1234
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved